Home » Pewarna Alam » Pewarna Alam

Pewarna Alam

Berbicara tentang batik tidak pernah akan terlepas dari motif dan warna yang menjadi daya tarik utama dari batik itu sendiri. Ada beberapa jenis zat warna yang digunakan dalam proses pembuatan batik, antara lain naptol, zat warna asam, direk dan banyak lagi jenis-jenis zat warna lainnya. Kini pewarna alam kembali diminati dan berkembang dikalangan pembuat batik walaupun lebih rumit pembuatannya. Alasan utamanya adalah pewarna alam lebih ramah lingkungan dan otomatis hasil warnanya lebih natural..lebih sejuk dipandang mata.

 

Bahan utama yang digunakan untuk membuat pewarna alam ini dapat ditemukan di sekitar kita, bunga, kulit buah bahkan kulit kayu juga dapat dimanfaatkan. Cara pembuatannya pun cukup sederhana, kita hanya perlu mencuci material yang akan dipergunakan, lalu dipotong kecil-kecil dan direbus minimal 12 jam. Semakin lama kita merebusnya semakin bagus hasil pewarnaannya.

 

Untuk mendapatkan warna ungu kita dapat memakai kulit buah manggis, warna coklat, abu-abu, dan hitam dapat digunakan kulit rambutan, untuk warna kuning dan oranye kita dapat mencoba menggunakan kunyit. Dan pastinya masih banyak bahan-bahan lain yang dapat dipergunakan untuk dijadikan zat warna alam…mengapa tidak kita coba berkreasi dengan bahan-bahan disekitar kita..terutama bahan yang sudah tidak dapat kita pergunakan,lagi pula dapat kita gunakan menjadi alternatif daur ulang yang cukup menarik.

 

 

About these ads

7 thoughts on “Pewarna Alam

  1. adakah kaedah lain yang boleh kita perolehi untuk menghasilkan warna dari sumber alam ini.maksudnya kita tahu bagimana untuk mendapatkan warna alam itu iaitu dengan melakukan proses merebus dan menapis(warna dalam bentuk cecair),tetapi petanyaan saya boleh kongsi kaedah proses mendapatkan warna dari sumber alam dalam bentuk serbuk.contoh bagaimana proses sebegini dilakukan.kerana saya ada mendapt maklumat dimana masyarakat indonesia banyak melakukan proses ini dalam bentuk serbuk.terima kasih.

  2. Pingback: Pewarna Alam « Arteducationx's Blog

  3. Salam Perdana

    Sama dengan Herbal
    Memilih memakai segar cairan, ataukah sudah dalam bentuk serbuk
    2 teknologi yang dilatar belakangi maksud dan situasi serta harapan yang berbeda, keduanya dibutuhkan dalam situasinya masing2,,
    Menariknya mengembangkan keduanya membutuhkan sikap dan disiplin yang sama2 membutuhkan kecintaan, kerja keras dan sedikit banyak :kreativitas: “Karunia Ilahi” bagi para Pelakunya yang diberikan karunia oleh alam dan Sang Khaliknya.
    Salah satunya mereka sudah sering dan hidup dalam keseharian alam batik dan pengalaman batik
    Salah satunya hidup mata dan hidunngnya, tangan dan raganya sudah ramah bertahun tahun dalam situasi ini
    Salah satunya kok bisa “beliau dan mereka itu” bertemu demi bertemu komponen2 untuk menjadikan mereka ramah dan bersahabat serta berkualitas dengan seluruh elemen pewarna alami ini
    Salah satunya pertumbuhan kepekaan dan filosofi keseimbangan mereka berkembang maju

    Semoga kita segera bertemu dengan mereka
    dan mereka mau membagikan hal ini
    di darat

    Salam Perjuangan Pewarna Alami

    Guntur Bisowarno S. Si., Apt
    Sanggar Batik Dinar Agung
    Candra Wilwatikta Pandaan Pasuruan
    Jatim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s