Home » EnsikloBatik » Batik Print

Batik Print

Batik print merupakan salah satu jenis batik yang baru muncul. Tidak diketahui pasti kapan mulai dikenal, tetapi kini menjadi produksi batik dengan jumlah paling banyak jika dibanding batik cap apalagi batik tulis.

Teknik pembuatan batik print relatif sama dengan produksi sablon, yaitu menggunakan klise(kassa) untuk mencetak motif batik di atas kain. proses pewarnaannya sama dengan proses pembuatan tekstil biasa yaitu dengan menggunakan pasta yang telah dicampur pewarna sesuai keinginan, kemudian diprintkan sesuai motif yang telah dibuat. Jenis batik ini dapat diproduksi dalam jumlah besar karena tidak melalui proses penempelan lilin dan pencelupan seperti batik pada umumnya, hanya saja motif yang dibuat adalah motif batik. oleh karena itu batik print merupakan salah satu jenis batik yang fenomenal, kemunculannya dipertanyakan oleh beberapa seniman dan pengrajin batik karena dianggap merusak tatanan dalam seni batik, sehingga mereka lebih suka menyebutnya kain bermotif batik.

Secara kasat mata kita dapat membedakan batik print dan batik tulis/cap dengan melihat permukaan di balik kain, biasanya kain batik print warnanya tidak meresap ke seluruh serat kain, dan hanya menempel pada permukaan kain, sehingga di balik kain masih terlihat sedikit berwarna putih.

Belakangan muncul perkembangan baru pada batik print, dengan adanya metode print malam.Metode ini dapat dikatakan perpaduan antara sablon dan batik. pada print malam, materi yang di printkan pada kain adalah malam (lilin) dan bukan pasta seperti batik print konvensional. setelah malam menempel, kemudian kain tersebut melalui proses pencelupan seperti pembuatan batik pada umumnya.

52 thoughts on “Batik Print

  1. Bisa kasih info untuk area Semarang (Jateng), yg mampu membuat batik print dengan hasil yg bagus dimana, mohon email kan ke email sy dunk, thanks.

  2. Mohon informasi dimana tempat kursus membuat batik printing mulai dari nol. Saya sangat berminat dan tertarik usaha batik printing tetapi tidak punya ilmunya. Terima kasih.

  3. Saya JUGA sangat berminat dan tertarik usaha motif batik printing tetapi tidak punya ilmunya.

    bisa diemailkan ke saya…
    atau jika saya ingin pesan yg print saya jg berminat…

  4. bisa kah saya minta yang lebih detail lagi dari awal cara pembuatan batik printing dan bahan2 apa yang harus di siapkan…terima kasih dan di tunggu jawabanya.

  5. batik print menurut saya bukan batik krn pengertian batik pada umumnya adlh proses pembuatanya menggunakan lilin sdgkan batik print tdk menggunakan lilin. makanya saya sangat setuju dengan nama KAIN MOTIF BATIK.

  6. Kami Produsen kain monil / kain screen untuk printing sablon dan importir tinta jenis plastisol dan silikon., yg berlokasi dikawasan industri jababeka cikarang bekasi. Bagi rekan-rekan yg membutuhkan bisa menghubungi Kami.

    Hormat kami,

    W i d o d o
    0813 1551 8685 , 021-91185575

  7. Saya butuh informasi mengenai tempat pemesananan batik printing. Qty +- 5000 pcs kemeja batik.
    mohon konfirmasi ke saya.
    081375333353/02291863383

  8. Mas, bikin defenisinya jangan ngawur dong.
    Batik print adalah jenis sablon atau cetak kain menggunakan gambar motif batik tradisional sebagai gambar yang akan dicetak. Dalam hal ini sama dengan sablonan biasa seperti sablonan kaos, bedanya corak atau gambar yang digunakan adalah motif ornamen yang terdapat pada teknik batik tradisional. Jadi batik print sesungguhnya hanyalah istilah dikalangan penyablon bukan istilah resmi. mengenai apa itu batik sebenarnya, silahkan anda cari sendiri referensinya di internet. Banyak, kok!
    Jika anda keberatan dengan comment saya dan mempertanyakan siapa saya, perkenalkan saya adalah seniman jebolan Jurusan Kriya Seni Fak. Seni Rupa dari ISI Yogyakarta. Jika anda ingin mengetahui secara mendetail baik motif maupun teknologinya, silahkan bertanya kepada pihak kampus ISI di seluruh Indonesia. Jawabannya pasti sama!
    Jangan ikut-ikutan euforia media dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia, sampai-sampai motif biasa dalam printing kain (atau sablonan) dianggap sebagai batik. Defenisi motif dan teknologi Batik berdasarkan pengakuan unesco adalah penggambaran motif tradisional indonesia melalui penerapan lilin malam menggunakan alat canting. Atau silahkan lihat http://www.unesco.org/culture/ich/RL/00170.
    Kalau lilin malam di sablon, itu tentu perlu dikaji terlebih dahulu apakah benar termasuk dalam defenisi batik.

  9. Bagaimana cara/proses detail pembuatan batik print malam (sablon malam) ?
    Klo bisa tolong di kasih resep klo mo buat malam dingin ya…
    Ditunggu emailnya ya…
    thx.

    • Jual malam cair/print berkualitas export bergaransi

      Harga malam cair :
      50.000/kg
      1.400.000/drum/setiap drum 30-33kg

      Harga resep malam cair :
      100.000.000/resep dan saya akan ajarkan dari awal malam lilin beku sampai saya bikin menjadi malam cair/print berkualitas export

      Malam cair saya adalah experiment bertahun-tahun yang saya buat untuk mengembangkan dunia batik terutama di indonesia,dan kini malam cair saya telah export ke beberapa negara seperti malaysia dan kanada,kedua negara tersebut sangat puas dengan kualitas malam cair saya dan pernah menawar malam cair saya dari 10.000.000 sampai saat ini menawar 200.000.000 tetapi belum saya berikan resep malam cair saya kepada mereka,karena apabila saya berikan kepada mereka,mereka pasti akan menjual kembali ke negara-negara lain dengan harga lebih tinggi dan itu akan merugikan saya

      Keunggulan malam cair/print export :
      -Dijamin 100% menembus kain
      -Cat Warna tidak akan luber apabila saat proses pewarnaan
      -Malam tetap kuat apabila dilakukan double proses
      -Malam otomatis hilang saat proses pencucian,jadi malam tidak usah dibabar/memasukan malam kedalam air yg mendidih

      Minat hubungi :
      Three : 08999151533
      Simpati : 081329422107
      Pin bb : 76A619D1
      Salam batik hand made indonesia

  10. Untuk Mirza, informasi Pemesanan Batik Printing dan Batik Cap untuk Kemeja : Hubungi : PUSPITA BATIK,(1) Jl. Candi Pawon III No.8 Pharmindo Bandung 40534, HP.085222066116 H.Ch.Faurozi., (2)Komplek Pesona Griya Panjang 2, Blok H.No.8 Pekalongan (3) Jl.Manunggal Gg.IA No.4 Pekalongan.

  11. Pingback: serba serbi INDONESIA » Archive du blog » keanekaragaman batik

  12. Mohon informasi dimana tempat kursus membuat batik printing mulai dari nol. Saya sangat berminat dan tertarik usaha batik printing tetapi tidak punya ilmunya. Terima kasih.

  13. Mungkin ada yang bisa membantu saya untuk memberikan informasi keperluan/peralatan apa saja yang harus saya siapkan untuk memulai bisnis batik printing ini, karena saya sangat tertarik untuk usaha batik printing ini. Terima kasih

  14. Pingback: Antara Batik Tulis, Batik Cap, dan Batik Print (Bag. 2) | Pusaka Nusantara

  15. Pingback: Berbagai Jenis Kerajinan Batik | caturstrez

  16. untuk pak faurozi.PUSPITA BATIK….
    saya juga ada pengajauan untuk perusahan
    dmna saya ingin mengetahui lebih jelas.harga dan ketentuan pemesanan batik.karna saya akan memasukan logo/nama perusahan di sela2 batik.dan ada 2jenis warna dalam 1 pcs baju.

    mohon jawaban nya.ke email saya male_gozy@yahoo.co.id/tlp ke 02199607627

  17. Maaf baru dpt saya jawab :Untuk Male Gozy. (1) Apabila BATIK CAP harus membuat CANTING CAP BERMOTIF LOGO PERUSAHAAN harga Rp.450.000,- bahan tembaga (Motif Logo design sendiri).(2) Apabila BATIK PRINTING diseeting film tehnik pemrosesan tekstil (kami kurang memahami). (3) Untuk warna bebas dapat beraneka warna. Fungsi Canting Cap sebagai resint-wax (penghalang warna) jadi warna sesuai yang dikehendaki. Pemrosesan dpt dilakukan sendiri dgn Canting Cap Berlogo. Jika pada kami minimal 200 m dan harga per meter Rp.20.000,- HP.085222066116 (H.Faurozi)

  18. Untuk RUMAH CETAK : untuk memesan Batik Printing kami dapat mengirimkan CONTOH-CONTOH Batik dengan berbagai motif terbaik dengan Kualitas tahan-luntur, pemrosesan Laboratoris, seperti motif, parang kusumo, mega mendung, mojang priangan, manohara, dll. Harga per kain Rp.50.000,- sd Rp.70.000,- Bahan Primissima Halus.Ukuran 110×220 cm. Alamat kami di : Batik Puspita Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo Bandung, Telp.022-6032816. Dan Hp.085222066116. Cara memesan :Hubungi kami di Alamat tersebut, contoh akan kami kirimkan.

  19. Untuk Pak SASMITO : peralatan batik printing utama adalah SCREN (semacam alat Sablon ukuran sesuai kain batik :110×250 cm ). Pembuatan screen melalui proses transfer film motif batik yang dikehendaki. Bahan pewarna : sesuai zat warna masing-masing pengrajin punya formula-nya (naptoh,indogosol,prucion,dermareen, sandoz,dsb). Meja Cetak lebar 225 cm x panjang 3 meteran, Rakel alat pencetak sesuai lebar kain. Perkembangan modern Scren ini telah digerakkan secara otomatis mekanik oleh mesin pencetak.Itulah sekedar informasi, lebih lanjut Bapak bisa melihat prakteknya banyak di daerah Pekalongan, Buaran, Banyu Urip, Tirto, Medono dsb. Salam buat Bapak semoga berhasil.Baru :tehnik Sablon Malam di Medono.

  20. Pak, sy klo boleh mau minta info produsen/perajin/pabrik batik printing atau kain motif batik untuk wilayah jogja dan solo. bisa di kirim ke 085327171958. Trima kasih.Semoga amal bantuan dibls oleh Allah SWT. dan kpd siapa sj, sy terbuka untuk kerja sama dlm bisnis batik.

  21. Untuk : Cetak, dapat mengirimkan alamat untuk pengiriman Katalog dan Harganya (Pricelistnya) ke alamat kami : Batik Puspita Jl.Candi Pawon III No.8 Pahrmindo 40534 Cibeureum Raya-Bandung (H.Ch.Faurozi).

  22. Lilin Malam Di Sablon : kategori termasuk definisi batik, karena dasarnya adalah tetap tehnik “resint-wax” (penghalang warna dengan lilin/malam batik). Pemroses dengan pengecapan melalui screen dengan cairan malam (lilin) pada suhu tertentu. Fungsi screen pengganti canting cap. Jadi berbeda dengan pemrosesan sreen dengan zat warna, pelekatan lilin untuk menghasilkan design atau motif yang manual sebagai “rengsi batiknya”.

  23. saya mencari batik harganya miring mudah2an bisa dibawah 6ribu,bahan tidak terlalu diperhatikan.karena diperuntukan untuk sampul buku tamu.ga masalah walau pun itu batik printing,kalo bisa ada warna masnya..mudah2an bapak bisa bantu..terima kasih

  24. Pingback: TEKNIK PEMBUATAN BATIK « batik soko pekalongan

  25. saya ingin belajar membuat pola batik daN belajar batik printing dari nol di mana ya? tolong infonya, makasih.

  26. Saya butuh produsen yg membuat kain motif batik pemesanan 500 sampe 1000 yard hubungi085322082228/081312588999/087729999917 harga bersaing ya

    • sama.. saya juga lagi cari produsen / PT yang menyediakan kain motif batik printing,
      Pemesanan 5 roll, per roll/ 150 yard
      750 yard an,,

      hub.. 02134222879

  27. kalau ingin belajar tentang Teknologi Batik, kuliah aja di Universitas Pekalongan ada Jurusan “Teknologi Batik”

  28. kalu ada yg minat saya jual resep print malam kualtas no1 di indonesia,.
    resep print malam,+, cara ngeprint’ny, +, resep ngilangin malam tanpa di babar.,
    msuk kolam cuci yg ada tmbahan kimia, bilas lngsung hlang.,siap jemur.
    120 juta nego
    deris2012@gmail.com
    085727399264

Leave a Reply

