Home » Sejarah » Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan

Anda ingin mengenal dan mengetahui lebih jauh tentang batik? Di museum ini anda dapat melihat berbagai jenis batik dari waktu ke waktu. Kita dapat mengamati perkembangan batik mulai jaman Belanda, pengaruh Jepang pada saat perang dunia kedua dengan motif Jawa Hokokai, ada pula batik dari luar Jawa khususnya Sumatera yang bayak dipengaruhi oleh budaya islam yang tampak dari motif yang menyerupai kaligrafi tulisan Arab.
Koleksi museum ini cukup menarik, kita dapat melihat batik antik yang usianya mencapai 100 tahun lebih. Ada pula kebaya encim yang biasa dipakai oleh wanita tionghoa di Indonesia. Masih banyak koleksi menarik yang lain dapat anda lihat di museum ini
Gedung Museum Batik Indonesia ini, dibangun dengan memanfaatkan gedung bekas Balai Kota Pekalongan. Gedung itu dirombak menjadi Museum Batik Indonesia, karena bangunannya termasuk kuno, yakni dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Di dalamnya, terdapat beberapa kamar yang luas dengan pintu dan jendela besar, sehingga terasa sekali nuansa sejarah yang tinggi.
Silahkan berkunjung ke Museum Batik Pekalongan. Lokasinya sangat mudah dijangkau dengan bermacam kendaraan atau angkutan kota. Terletak di daerah bundaran Jatayu dekat jalan Diponegoro Kota Pekalongan. Daerah ini juga merupakan simbol kerukunan antar umat beragama Kota Pekalongan yang terbina sangat baik. Tampak dalam foto 1 di samping Museum Batik Pekalongan berdiri Masjid dengan latar belakang Gereja Katholik Pekalongan. Di sekitar kawasan ini juga berdiri Gereja Protestan dan tempat ibadah penganut Tri Dharma. Begitu juga dengan corak batik Pekalongan yang banyak dipengaruhi gabungan atau pembauran unsur lokal, arab, cina, dan belanda. Sungguh sebuah warisan budaya yang tak ternilai harganya. Mari bersama kita lestarikan dan berdayakan.
Jangan khawatir, museum itu bukan hanya menjadi tempat koleksi saja. Yayasan yang mengelola, selain menjaga, juga akan menyediakan penjualan berbagai produk batik dari Pekalongan.

About these ads

45 thoughts on “Museum Batik Pekalongan

  1. saya seorang mahasiswi tingkat akhir desain grafis.Saya sangat tertarik dengan batik,khususnya batik jawa dan segala filosofinya. Oleh sebab itu saya ingin mengangkat batik (Vorstenlanden) sebagai Tugas Akhir saya. Apakah di museum ini saya juga dapat menemukan segala filosofi batik (vorstenlanden), karena setahu saya, ragam hias batik banyak sekali…
    jika boleh saya tahu,apa yang dapat dilakukan pemerintah daerah untuk tetap mempertahankan museum batik ini terus berdiri, tanpa harus “layu”
    seperti museum batik yang ada di Jogja?

    • saya seorang pelajar smp 1 martapura palembang,sangat senang karena adanya website batik ini,saya bisa mempelajari lebih dalam lagi car membatik,motifnya,dan car melestarikannya.
      THANKS for INDONESIA

  2. Amat menarik, saya mungkin akan mengunjungi tempatnya kalau ada peluang. Buat masa ini, mungkin saya akan melihat Muzium Tekstil di Jakarta dulu :)

    Saya jugak punya blog tentang dunia blog, dalam Bahasa Inggeris.

    Sila lawatinya bila senang:

    http://batikstory.com

    Salam berkenalan,
    Pak Adriano,
    Malaysia

  3. ya ampun iklan abis. tapi museumnya menarik juga. cuma mungkin kurang kedengeran. jadi sekali-sekali bikin hajatan besar biar semua orang lebih mau banyak tahu. hehe… good luck!!

  4. @roeroe, emang menarik ko saya kemarin baru main ke museum itu lagi, dan banyak perkembangan…katanya sih tiap 6 bulan koleksinya dirolling dan settingannya dirubah.biar ga bosenin kali yah

  5. Pingback: Museum Batik Pekalongan [update] « Batik

  6. bagus c webnya. but bisa ga di modif yang lebih bagus GITU LOCHHHHHHHH.
    So biar tambah menarik, aku pikir sangat sederhana sekali. Lebih dipublikasikan, masih banyak masyarakat Kota Pekalongan sendiri yang belum tahu banyak tentang museum batik.

  7. Blog yang sangat bagus…
    terima kasih atas eksposnya buat Museum Batik Di Kota Pekalongan. Kita semua berharap dengan adanya Museum Batik Pekalongan , bisa menjadikan Batik lbih dikenal di Nusantara , terlebih lagi di Dunia , serta bisa meningkatkan taraf hidup para pengrajin Batik di Kota Pekalongan Kita sebagai pengelola Museum Batik sedang mengajukan Batik sebagai nominasi sebagai warisan budaya Indonesia.

    museumbatik@kotapekalongan.go.id
    museumbatik.kotapekalongan.go.id
    telp +62285-431698
    fax +62285-423221

    • orang spt entelah yg harus juga dilestarikan karena masih kental dengan RASISME dan memandang segala sesuatu lebih fokus (sempit)

    • ih yang namana sherly kyk bs bwt batik jaaaaaaaa.batik tuh hrs qt lestarikan,coz jgn mpe d klaem milik negara laen..musium batik oke

  8. terima kasih buat yang sudah mengkritik….
    memberi saran….
    semoga bisa menjadi masukan buat Museum Batik agar lebihbaek dari sebelumnya.
    mohon saran lebih lanjut.

  9. numpang ngash komentar ya…
    oia saya ank pkl lho, tp skrng gi kul d bdg…
    na mo ngsh saran, gambar batiknya di liatin juga donk, biar keren
    oia terus pke latar halamannya yg lbh brwarna, biar ga keliatan kuno kayak sekarang(hihihi, maaf cuma ngasih saran)kn biar pengunjungnya tambah banyak…
    sekarang batikkan udh jd konsumsi semua kalangan, mau tua, ato pun muda, kan pada pke batik tuh…
    jd museum juga musti jd tmpt kunjungan semua umur
    nah…cranya tampilan iklannya musti yg menarik smua pihak, apalagi ank muda…
    kn ank2 muda lbh ska jln k mall drpd k museum
    soalnya jln2 k museum agak mmbosankan, soalnya saya juga pernah k museum batik pkl,hihihihi
    makanya musum musti bsa mmberikan informasi ttg batik dg cra yg lbh ‘anak muda’ utk pengunjung ank muda, biar g bosen kayak saya dulu,hehehe…trus musti sering ngadain acara yg brhbngan ma batik…ya… buat promosi jg…
    good luck buat museum batik pekalongan ya…
    oia kpan2 saya mo mnta infrmasi ttg asal mula batik pkl, boleh kah???

  10. saya gunawan dari arsitektur uns.
    saya setuju dengan pendapat mbak nana dengan museum bergaya anak muda…
    sebuah konsep kekinian yang gak kaku, yang lebih friendly dengan semua kalangan….
    namun harus tetap diingat kita masyarakat yang penuh dengan budaya… jadi bagaimana kita memanfaatkan budaya yang ada pada masa lampau sehingga bisa di aplikasikan pada masa sekarang bahkan esok.
    jika ada uneg-uneg ataupun masukan yang berupa batik mohon hubungi ke email
    guna_mandala@yahoo.co.id
    karena saya sekarang sedang menyelesaikan tugas akhir
    PUSAT BATIK PEKALONGAN sebagai sarana perdagangan, pendidikan dan pariwisata dengan penekanan filosofi batik.
    yaitu sebuah wadah yang memfasilitasi segala kegiatan berhubungan dengan batik yang isinya yaitu, pasar batik, area workshop, galeri batik, exhbition hall, perpustakaan batik, mini theater dsb.
    mohon bantuanya dan terimakasih

  11. saya tanya…
    1. perda yg mendasari pendirian museum batik pekalongan apa ya?
    2. museum batik ini di bawah naungan departemen apa???

  12. Pingback: Museum Batik Pekalongan « Pekalonganart’s Blog

  13. Musium Batik Yth.
    Menarik dari berbagai komentar publik tentang Musium Batik Pekalongan, saya kelahiran Pekalongan juga memiliki rasa tanggung-jawab moral dan sosial untuk pengembangan musium batik ini. Oleh karena itu, kiranya perlu dibentuk wadah “Kreatifitas Pencipta Motif Batik” bagi generasi muda dan pengrajin batik Pekalongan, guna menumbuhkan inofasi baru dunia pembatikan dengan slogan “Membatik Dunia”. Saat ini motif batik bernuansa Motif-Binatang seperti Harimau, Gajah, Singa, Kuda, Kijang dan sebagainya jarang ditemui. Saat ini kami sedang berkreatifitas motif-motif itu dengan latar belakang batik asli Pekalongan.
    Semoga dapat perhatian pihak Museum.
    H.Ch.Faurozi.,Drs.,M.Si. di Pesona Griya Panjang II, Blok H-8, Pekalongan.HP.085222066116.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  14. Anda butuh batik pewarna alami dan butuh bahan baku zat warna alami (pasta indigo, kayu tingi, Jambal, Tegeran, Jalawe dll) dengan harga murah karena langsung dari pengrajinnya. silahkan hubungi : Batik Akasia Bantul Yogyakarta, Agus Haerudin HP : 081 328 522 537,
    Blog : http//batikakasia.blogspot.com
    http//zatwarnaalami.blogspot.com

  15. wah semoga musiunya tetap lestari ya??

    lo saran saya, di musium rata-rata pengunjung cuma sekali saja maen ke situ… coba dech di situ ada restoran yang enak or toko buku or yang bikin pengujung bisa datang ber ulang2…..

    pasti keren tuh ada restoran yang ada musiumnya… resto eang lain pasti g bakal punya,,,,

    jadi kita bisa santai kumpul kluarga di musium… jadi sering berkunjung ke musium dE…

    o iya, jangan lupa, fasilitas publiknya juga dibikin OK, misalnya kayak di MALL… biar anak muda juga suka tongkrong di situ… orang2 cenderung suka mendatangi tempat2 eang banyak dikunjungi orang bukan seperti musium yang serem… eang biasanya dikunjungi dan di huni hantu2 hiiii sereeem :P… hehehe

  16. Bagus juga informasinya.Semoga batik di indonesia tidak punah dan semoga masih ada orang yang mau melestarikan batik tersebut.

  17. Bpk.Gunawan Arsitektur UNS, Yth.
    Saya sangat mendukung gagasan Bapak, dengan konsepsi intelektual ;PUSAT KREASI BATIK PEKALONGAN untuk membedakan motif profit sarana dagang , karena ada Grosir SETONO.Pemikiran politis adalah ada konteks dalam hubungan internasional seperti slogan “Membatik Dunia”. Kreasi-kreasi Batik Ciptaan saya ada sekitar :200 motif akan dikontribusikan a.l.motif fauna,flora, fractal, abstrak, kontemporer dlm upaya melestarikan budaya batik. Drs.H.Ch.Faurozi.M.Si. Dosen FISIP-HI.UNPAS. HP.085222066116. Pesona Griya Panjang II Blok H.8 Pekalongan./Jl.Candi Pawon III No.8 Bandung.

  18. Yth.Musium Batik Pekalongan
    Saat ini saya sedang berkreasi membuat koleksi motif-motif Batik pada sehelai “kain Keras ” ukuran 50×100 cm diantaranya :
    1.Motif Harimau dalam Belantara Batik Indonesia
    2.Motif Ular Naga (Liong) dalam Belantara Budaya Batik
    3.Motif Wayang dalam Kaligrafi Batik Indonesia
    4.Motif Gajah Siam latar belakang Batik Cuwiri
    5.Motif Batik Terang Bulan dalam Khasanah Budaya Sunda
    6.Motif Tiga Negeri Ekspolari untuk Empat Negeri
    7.Motif Batik Burung Kakak Tua Canada untuk batik Jawa
    8.Motif Gapura Kota Cimahi untuk Batik Parahyangan
    9.Motif Batik Lambang Universitas Pasundan
    10.Motif Batik Perang Bratayuda dunia Pewayangan,dll
    Mohon kiranya pada suatu kesempatan untuk memberikan ruang Pameran Karya-karya tersebut.
    Drs.H.Ch.Faurozi.,M.Si Pemerhati Batik Pekalongan, Kelahiran Pekalongan, Dosen Fisip HI Universitas Pasundan, Jl.Lengkong Besar No.68 Bandung, HP.085222066116, Alamat Pkl. :Pesona Griya Panjang II, Blok H No.8 Kd.Panjang Pekalongan.

  19. Kakak sya minta tolong bisa tidak agar seluruh gambar dari batik-batik yang ada di Museum batik pekalongan d tampilkan dan d upload dalam situs ini?

    Tolong.. Salam

    Tq

  20. Bagi yang berminat membuat ‘SERAGAM BATIK DENGAN LOGO SEKOLAH atau PERUSAHAAN atau ORGANISASI SOSIAL dan POLITIK, ACARA PERNIKAHAN, dlll dapat KONSULTASI dan mengubungi kami di ;HP.0852222066116 Drs.H.Ch.Faurozi. JL.Candi Pawon III nO.8 pHARMINDO 40534 BANDUNG.Kami mempunyai banyak motif batik untuk seragam dengan ciri khas dan logo perusahaan/sekolah tersendiri. TERSEDIA Cap-Cap Canting Batik siap pakai kondisi prima.

  21. Pingback: Museum Batik Pekalongan [update] | Go Batik

  22. saya seorang Mahasiswa jurusan S1 manjaemen Perhotelan,..saya tertarik untuk mengambil skripsi di museum tersebut,……

  23. Saya sangat tertarik mempelajari batik, oleh karena itu saya bersama teman dari Perancis bermaksud mengunjungi kota Pekalongan. Saya berharap bisa mendapatkan banyak informasi, pengalaman dan belajar membatik di Pekalongan. Mohon info tempat belajar membatik sekaligus mendapatkan cinderamata batik Original dari pekalongan. Silahkan email: antto_l@yahoo.com, ato sms 081246533419. Terimakasih banyak.

  24. waahh.. menakjubkan infonya, baru tau saya kalau batik pekalongan mempunyai museum yang sangat menarik perhatian. semoga museum ini bisa terawat dengan baik sehingga batik 100 tahun kedepan tidak ada kata punah dan hilang ditelan bumi… CAYO BATIK INDONESIA!!!

  25. Filosofi Batik, berfilosofi tentang “simbol segala kebaikan”, adalah sangat tercela bila “berbusana batik” kok maling (mencuri), mencopet, berkelahi, menurut pituah leluhur berbusana batik agar menjauhi “mo limo” (M-5) yaitu : Maling, Madon, Madat, Mabok, Minum (kalau tidak salah).

    • ironisnya banyak pejabat negara yg gemar berbatik tapi juga gemar korupsi..mungkin perlu juga di edukasi tentang filosofi dan etika berbatik ya pak Charli Faurozi

  26. Info!! Cara Memanfaatkan Waktu ganggur sehabis Mudik,, Buat Para Perajin, dan para Pemilik

    Batik pekalongan, maupun dagangan apa saja,, Kini saatnya anda menempatkan Waktu utk Belajar

    Menjadi Pemasar atau Marketing Kelas ringan, Utk Produk maupun jasa anda sendiri,, yaitu dgn

    membuat situswebsite sebagai Katalog Online,,,Pembuatan website Gratis by Kalongan dot com

    Terbatas http://goo.gl/SGBmWn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s