Home » EnsikloBatik » Batik Sogan

Batik Sogan

Adalah salah satu jenis batik bernuansa klasik dengan warna dominan variasi dari warna coklat. Dinamakan batik sogan karena pada awal mulanya, proses pewarnaan batik ini  menggunakan pewarna alami yang diambil dari batang kayu pohon soga tingi. Batik Sogan memang jenis batik yang identik dengan daerah keraton Jawa yaitu Yogyakarta dan Solo, motifnya pun biasanya mengikuti pakem motif-motif klasik keraton. Sogan Yogya dan Solo juga dapat dibedakan dari warnanya. Biasanya sogan Yogya dominan berwarna coklat tua-kehitaman dan putih, sedangkan sogan Solo berwarna coklat-oranye dan coklat. Batik sogan yang klasik ini memang selalu banyak peminatnya dan langgeng tanpa mengenal musim, selalu ada pecinta jenis batik ini. Walaupun ada batik pesisiran yang lebih dinamis baik warna maupun motifnya yang kontemporer dan eksotis. Nah…batik yang mana favorit anda?

About these ads

11 thoughts on “Batik Sogan

  1. Memang batik memiliki banyak corak dan jenisnya.. oh ya saya pernah mampir ke situs http://www.sogan-batik.com meskipun menggunakan nama sogan namun produknya tidak hanya batik sogan. Oh ya.. modelnya juga sangat bagus dan bervariatif.. sangat cocok buat semua kalangan baik anak2 muda maupun dewasa…

  2. Anda membutuhkan batik tulis dan batik cap dari pewarna alami (Pasta Indigofera, Mahoni, Akasia, Tingi, Jambal, Tegeran dll) harga mulai Rp. 45rb/mtr. dan anda butuh bahan baku pewarna alami untuk batik (Pasta Indigofera Rp. 35rb-55rb/kg, kayu tingi Rp. 8500/kg, Jambal Rp. 8500/kg, Tegeran Rp. 15rb/kg, Jalawe Rp. 13500/kg. Silahkan Hubungi Agus Haerudin Hp : 081 328 522 537. Tlp. (0274) 6859208 Silahkan kunjungi Blog kami :
    http//batikakasia.blogspot.com
    http//zatwarnaalami.blogspot.com

  3. Di daerah Pembatikan Pekalongan, istilah menyoga atau sogan adalah finalisasi seluruh dari pewarnaan pembatikan. Yaitu garis-garis orhamen pada motif setelah dibironi (diwedel biasanya warna biru tua) kemudian seluruh kain diblok pad motif isen-isen dan oranamennya, yang tinggal hanya desain pimnggiran motif untuk keperluab warna sogan atau coklat tua, sebagai ciri khas penyempurnaan batik tersebut.Jadi proses penyoganan ini memang rumit, namun estetikanya tinggi, belum dikatakan batik kalau belum disogan.

  4. Pingback: Macam Nama Motif Batik | pandebatik

  5. Salam Perdana

    Kiranya bisa kita mendapat info nama latin tanaman SOGA apa sesungguhnya..
    Berarti selain menggunakan pewarna alami SOGA SOGAN, treatment berlapis lapis…. menentukan kualitas harga batiknya
    setiap perbedaan lapisan berarti pekerjaan
    setiap pekerjaan berartui nilai ekonomisnya bertambah

    Thanks alot wawasannya
    Guntur Bisowarno
    Sanggar Batik Dinar Agung
    Candra Wilwatikta Pandaan Pasuruan
    Jatim

  6. Pingback: Serba serbi batik di indonesia | Toko Batik Bola

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s