Cara Merawat Batik dengan Pewarna Alam

Batik yang dicelup menggunakan pewarna alami memang lebih cepat pudar dibanding dengan menggunakan pewarna kimiawi, karena batik dengan pewarna alami tidak mengalami proses fiksasi (penguncian warna) yang maksimal. Kain batik dengan pewarnaan alami membutuhkan penanganan khusus dibanding kain batik biasa. Untuk merawat kain batik dengan pewarna alami, caranya antara lain:

  • Mencuci kain batik dengan menggunakan sampo rambut. Sebelumnya, larutkan dulu sampo hingga tak ada lagi bagian yang mengental. Setelah itu baru kain batik dicelupkan.Anda juga bisa menggunakan sabun pencuci khusus untuk kain batik yang dijual di pasaran. Harap diperhatikan,anda juga tidak perlu merendamnya terlalu lama.

  • Kain batik jangan dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Cara mencuci kain batik seperti ini akan membuat warna alami kain batik tak bertahan lama.

  • Sebaiknya Anda juga tidak menjemur kain batik berpewarna alami di bawah sinar matahari langsung.dan lebih bagus jika anda menjemurnya dalam keadaan terbalik

  • Bila Anda ingin memberi pewangi dan pelembut kain pada batik tulis, jangan disemprotkan langsung pada kainnya. Sebelumnya, tutupi dulu kain dengan kain pelapis lainnya lebih baik yang berwarna muda/polos, baru semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain.

  • Masih dengan kain pelapis, Anda bisa menyetrika kain batik berpewarna alami tersebut. Jangan menyetrika langsung pada kainnya karena ini bisa memengaruhi warna motifnya.

  • Anda sebaiknya juga tidak menyemprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kain atau pakaian berbahan batik berpewarna alami.

5 thoughts on “Cara Merawat Batik dengan Pewarna Alam

  1. saya sedikit mau nanya tentang batik.
    adakah cara memakai batik yang secara tradisi misalnya :
    memakai batik selendang,sarung, cara mengikat dan lain – lain….
    kebetulan saat ini saya sedang mengkaji batik klasik. yang sekarang batik bukan lagi pakaian yang sakral namun hanya sebagai pakaian bisa, yang tidak memilki arti dan filosofis yang ada menurut perancangan awalnya batik dibuat….
    kiranya teman – teman dapat membantu…..

  2. Salam Perdana

    Berkembang Dinamika Di Ruang Ini
    Ada Pembelajaran…
    Perbedaan sudah semakin detail
    Pergumulan sudah sampai memikirkan apa bedanya, jika pembuatan dan pembuatnya memahami filosofi warna, pewarna, dan desaign tekknis, design gambar, desaign perawatan, design fiksasi (multi dimensi),
    Juga sampai pada pemikiran efektif efisiensinya
    serta keramahan lingkungannya
    berkaitan dengan limbah pewarna batiknya…

    Thanks Alot

    Guntur Bisowarno S. Si., Apt
    Sanggar Batik Dinar Agung
    Candra Wilwatikta Pandaan Pasuruan
    Jatim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s