Aneka Daun

Di sekitar rumah saya banyak juga tanaman yang mungkin dapat di jadikan sumber untuk pewarna alam. Maklum di belakang rumah terdapat kebun yang tampilannya mirip hutan lindung, terdapat berbagai spesies tanaman yang dapat dijadikan eksperimen untuk pembuatan pewarna alam. Dimulai dengan daun jambu dan daun mangga yang menurut beberapa referensi, dapat dipakai menjadi bahan dasar pewarna alam. Hasilnya, kain yang dicelup dengan daun jambu cenderung berwarna khaki sedangkan pewarnaan menggunakan daun mangga memunculkan warna hijau muda (pupus). Ketika larutan ditambah dengan tawas, warna yang muncul menjadi lebih kuat (tua). Tetapi semua hasil pewarnaan ini hanya memunculkan warna-warna muda. Mungkin anda juga punya pengalaman membuat pewarna alam? bisa juga di bagi-bagi ilmunya disini…silahkan….

10 thoughts on “Aneka Daun

  1. Selamat mengeksplorasi sumber-sumber pewarna alam dari tanaman sekitar anda. Semoga khasanah pewarna alam semakin kaya sebagai sebuah kearifan lokal yang berkibar secara global dan bisa menjadi warisan bagi anak cucu kita ke depan

  2. Saya tertarik dengan pakaian yang pewarnaannya alami, karena baik untuk kesehatan, bolehkah saya tahu dimana dapat membeli kain atau baju yang alami baik benang, kain , ataupun pewarnaannya.
    terimakasih
    Dhita

  3. Salam….Yu…, warna alam luntur? Saya jawab tidak! Bagi dayers yg profesional,hasil warna kuat! Karena dikerjakan penuh ketelatenan. Jika panjenengan matur bilih warna alam luntur,sudilah kiranya belajar lagi…jgn prnh puas …ayo berkarya!

  4. Menemukan Komunitas Pembelajar PeWarna Alami seperti ini. punya probblem di bicarakan… yang menemukan jawaban… yang ahli memberi pengajaran dan pelajaran (bisa dalam rangka persahabatan, bisa dalam rangka profesional) untuk biaya riset selanjutnya, untuk biaya pemberdayaan di bidang ini… semoga meski baru bergabung jejaring ini makin, menguat..
    salam dari kami pembatik warna pewarna alami dari Sanggar Candra Wilwatikta Pandaan Pasuruan

    Batik Dinar Agung
    Salam Perdana

    Guntur Bisowarno S. Si., Apt

  5. Cara membuat warna merah untuk pakaian gmn y,secara didaerah saya bahan kimiawi blm ad yg jual,mungkin ad ide ..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s