Batik Pagi Sore

Desain batik pagi sore mulai ada pada jaman penjajahan Jepang. Pada waktu itu karena sulitnya hidup, untuk penghematan, pembatik membuat kain batik pagi sore. Satu kain batik dibuat dengan dua desain motif yang berbeda. Sehingga jika pada pagi hari kita menggunakan sisi motif yang satu, maka sore harinya kita dapat mengenakan motif yg berbeda dari sisi kain yang lainnya,jadi terkesan kita memakai 2 kain yang berbeda padahal hanya 1 lembar kain.
Tentu saja sekarang jarang sekali orang yang memakai kain kebaya (jarik) untuk sehari-hari, tetapi motif pagi/sore masih banyak di buat pada produk batik lainnya. Biasanya kain sutra ada yang dibuat 2 motif pada satu lembar kain jadi dapat dibuat dua baju, ada pula scarf yang biasa dipakai untuk jilbab, dibuat setengah polos dan setengah motif.
Batik pagi sore memang alternatif untuk memiliki ragam batik dengan biaya terbatas.

20 thoughts on “Batik Pagi Sore

  1. boleh…boleh….bisa kerja sama dong mas ekowanz, saya juga lagi belajar bikin usaha batik dirumah, makanya pengen mempelajari batik, dan pernak perniknya. kalo ke pekalongan boleh dong mampir….

  2. Hey Tiq,
    Aku mo beli kain batik dengan background cerita masing-masing corak batik. Ada price list-nya gak?
    Thanks, Yayan

  3. kalo bisa kasih contoh gambarnya yaaa
    cz kemaren Q da tugas mbuat kliping batik
    kl ada gambarnya sekalian kan enak
    makasiiih

  4. Batik pagi sore memang sudah jarang karena umumnya dipakai kain panjang (tapeh). Jenis kain ini unik karena menggunakan dua motif berbeda pada kain jang sama.garis diagonal membatasi perbedaan motif. Bagi peminat kami dapat merancang desain secara khusus. Hubungi H.Faurozi Hp.0852222066116.

  5. Pingback: andayanionyett

Leave a comment