Home » EnsikloBatik » Batik Tiga Negeri

Batik Tiga Negeri

batik tiga negeri

Kerumitan membuat sepotong batik tulis ternyata masih belum cukup jika kita tahu sejarah motif Batik Ttiga Negeri. Motif Batik Tiga Negeri merupakan gabungan batik khas Lasem, Pekalongan dan Solo, pada jaman kolonial wilayah memiliki otonomi sendiri dan disebut negeri. Mungkin kalau hanya perpaduan motifnya yang khas masing-masing daerah masih wajar dan biasa, tetapi yang membuat batik ini memiliki nilai seni tinggi adalah prosesnya.
Konon menurut para pembatik, air disetiap daerah memiliki pengaruh besar terhadap pewarnaan, dan ini masuk akal karena kandungan mineral air tanah berbeda menurut letak geografisnya. Maka dibuatlah batik ini di masing-masing daerah. Pertama, kain batik ini dibuat di Lasem dengan warna merah yang khas, seperti merah darah, setelah itu kain batik tersebut dibawa ke Pekalongan dan dibatik dengan warna biru, dan terakhir kain diwarna coklat sogan yang khas di kota Solo.
Mengingat sarana transportasi pada zaman itu tidak sebaik sekarang, maka kain Batik Tiga Negeri ini dapat dikatakan sebagai salah satu masterpiece batik. Salut.

About these ads

60 thoughts on “Batik Tiga Negeri

  1. batik tiga negeri???
    wah kayaknya asik tuh??
    aku belum pernah punya
    batik lasem emang khas banget
    tapi paling asik pas berburu batik ke pesisir jawa
    apalagi yang tinggal 1 pembatiknya
    unik dan jadi kagum ama mereka

    dimana bisa cari batik 3 negeri??? pingin punya aku

  2. aduuuuHHHH!!!!!
    toloNgin W dOnk…. LaGi puyEng NiCH… siapa yA yAnG taU TenTang Kain bAtiK TigA nEgEri???? DaTA w KURang niCh buAt TugaS FisiL.Yang W buTuhin,SebEnernyA KaiN 3 Negri iTU pUnya Kegunaan KHusus g siCH???? Pa cUma BUat di PAke SehaRi-HAri aJ????
    siaPA yang tau ToloNgin w y…. pLiiiissss sEcepetnya di jawab…
    BeribU-ribU teriMaKAsiH

    • dulu waktu masih kuliah saya pernah baca literatur mengenai batik, disana dijelasin dari dasar banget. Contohnya batik megamendung cirebon, perhatiin deh motif’y, ga semua sama. Lengkungnya ada yg berasal dari lengkung kereta kencana, ada yg dari lengkung patung penjaga kerajaan, dll. semua ada punya filosofi masing2 yg menambah keindahannya, begitu juga penggunaan warnanya. So mas khusnul, coba langsung dateng kedaerah asalnya n jangan lupa datang ke departemen kebudayaan daerah itu wat cari literatur. Maaf saya lupa judul bukunya itu, karena dulu saya mencari buku ukiran khas pesisir jd kurang memperhatikan. semoga berhasil.

  3. setahu saya sih kain batik ini ga ada arti khusus untuk acara tertentu ya, keistimewaannya hanya terletak pada proses pembuatannya. mungkin ada yang bisa menambahkan?

    • kebetulan aku tinggal di rembang dimana batik lasem berasal. barangkali bisa bantu kalo ada yang minat dengan batik lasem.

      • hi mbak putri…harga batik lasem ada yg terjangkau gak? kisaran brp yah? Lalu kl mau ke sn sebaiknya kita ke jogja atau ke semarang dulu? Lbh dkt mn? Trims infonya..

  4. tradisi di daerah aq. buat orang2 kaya, kalo nikahin anak lakinya pasti di bawain 3 negeri. buat calon istrinya. semakin banyak jumlahnya maka semakin terpandang. tapi itu dulu… waktu 3 negeri masih gampang dibeli. skarang udah susah nyarinya…! makanya bawa 2 ato 3 aja dah untung bgt! biasanya ibu2 di daerah ku beli kain itu di toko batik daerah pasar baru ato asia afrika bdg. skr sistemnya nitip no tlp dlu di tokonya. kalo ada barang nanti di tlp. kisaran harga 300rb ampe 600rb. ada juga yg 3 negeri boongan. harga skitar 200rb kurang.

  5. batik harus di kembangkan berdasarkan teknologi zaman sekarang,,,,,,,,,batik sebagai ciri khas bangsa kita jangan samapi drebut atau dpatenkan oleh bangsa lain,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  6. saya dijogja punya usahabatik, klik aja diwebsite Hotwaxjogja.multiply.com. Kami memproduksi batik tulis halus motif lama dan kontemporer yang dibuat sesuai pesanan pembeli. Kami juga bisa buat batik 3 negeri, harga disesuaikan dengan kain (katun atau sutra) Harga berkisar antara Rp 200.000 – Rp 2.500.000. Ditanggung g mengecewakan deh. Atau bisa juga email ke fitrihafifah@yahoo.com

  7. memamg tiga negeri ga memiliki arti tertentu, namun sejarah dan proses yang panjang dalam pembuatannya membuat batik ini menjadi salah satu batik spesial di masyarakat indonesia. gimana?

  8. pas seserahan nikahanku kmrn dpt batik 3 negeri lhoo. cantiikk bgt. udah gitu makin di cuci warnanya makin kinclong. asal bener aja caranya…
    bulan lalu aq diajak ke pengerajinnya di lasem. dia sering pameran di JHCC jkt. tp harganya msh tergolong murah lho menurut aq

  9. Saya sangat menyukai batik. Saya mengoleksinya sejak tahun 1995. Saya tertarik dengan batik negeri karena warna dan coraknya yang cantik sekali. Saya juga tertarik dengan motif china/jawa hokokain. Untuk kedua motif tsb. kemana saya bisa dapatkan di daerah Semarang karena kebetulan saya tinggal di Semarang.
    Mohon bisa dibantu ya… Terima kasih…

  10. Pingback: BATIK PENGANTIN « Primitifcomunity's Blog

  11. Batik tiga negeri merupakan batik yang terkenal sejak jaman dulu, dimana nenek nenek sangat mengidolakan batik tersebut untuk dijadikan sarung.karena batik tersebut sejak dulu mahal harganya dan susah didapat,orang yang mengerti batik akan tau jika melihat orang pakai sarung batik tiga negeri.batik tiga negeri merupakan batik idolanya para nenek-nenek jaman dulu, aku punya batik tiga negeri design Ny Tjoa Siang Gwan umurnya gak tau berapa tahun. kalau mau dilihat fotonya di blog aku,http://andy-miko.blogspot.com/2009/12/koleksi-batik.html

  12. tolong yang mba. batik kepunyaan saya di komen baik jenis batik dan umurnya, karena foto batik diblog yang pertama dan kedua saya gak tau jenis batiknya namun umurnya dah lebih 30 tahun ,terus yang ketiga batik tiga negeri cuman gak tau juga design siapa dan kalau batik yang keempat dan kelima saya tau batik tiga negeri design Ny Tjoa Siang Gwan

  13. mba aq bleh d blang ga tau opo2 soal batik tp trtarik pngen tw all about batik, btw pnya workshop’y guk qt domisili d bandung thank’s before…. (,”)

  14. Venska Yth.
    Bahan pembuatan batik negeri berbasis :”Batik Tulis”
    bahan dasar kain :primissima, dan sutera.Motif batik beraneka warna mengikuti filosofi-batiknya: seperti semen-romo,bouketen,terang-bulan,tanahan,satrioan,dan sbgnya, namun yang sangat berpengaruh adalah pewarnaannya harus memenuhi 3 unsur :merah,biru dan coklat (yang maksudnya tiga-warna atau “Tiga Negeri”.
    Saya mempunyai banyak “Rengsi Batik ” untuk proses batik pewarnaan.Kirim alamat via SMS :HP.085222066116
    (H.Faurozi). Wassalam.

  15. Batik Madura Syakeera,Yth.
    Ide bagus untuk sebuah gagasan batik inovasi “Empat Negeri “. Kami akam mencobanya, dari unsur dasar warna merah, biru, dan coklat(sogan), diinovasi warna ungu (violet) sebagai unsur ke-empat. Ini bisa diproses di Pekalongan mengingat warna violet (dikenal pd Indigosol ABBF)mudah diperoleh walaupun relatif mahal.Terima-kasih.
    Apabila Bapak membutuhkan “Rengsi-rengsi Batik Tulis ”
    untuk eksperimen ini kami mempunyai beberapa koleksi.
    Kirim SMS alamat via no.HP.085222066116 (H.Ch.Faurozi).Wasasalamu’alaikum Wr.Wb

  16. Pingback: Batik « .:Super Space:.

  17. saya juga suka batik antara 10 sampai 60 tahunan, baik itu batik jaa atau apa saja, mohon di email batik anda kalau mau jual, saya bisa beli batik anda antara 300 rb – sampai 2jt saja. dan kalau utuh atau ada cact mohon di informasikan.
    ini email saya….. (tokosobo@aol.com)

    trimakasih…..pak sobo

  18. Pingback: Serba serbi batik di indonesia | Toko Batik Bola

  19. 3negeri itu ada yg produksi Lasem (disebut 3Negeri Lasem), ada 3negeri Pekalongan (disebut 3negeri Pekalongan) dan ada 3negeri Solo (disebut 3Negeri Tjoa Solo) – yg saya heran kok 3negeri Tjoa yg digandrungi ya ? ada yg bs ksh penjelasan ? tks

  20. aku suka mencari kain sarung 3 nagri dan aku sering dapat apa lagi kaya tjoa siang gwan, pagi sore, adik baji, bianyu, batik tulis, dll.
    apa diantara kalian ada yg mau bergabung denganku

  21. Buat kalian semua yg mania batik tulis,bisa hubungi aku di 0857 2722 9903, atau pin bb 25a843b8. atau add fb “Batik Kinasih”. oh ya buat yg lagi mencari batik 3negri asli dan kuno,saya ada stock 7 helai kain,asli bukan repro,kain simpanan masih mulus,warna bagus alias tidak bladus,kain kuat tidak rapuh..segera yaaa..salam..

  22. Senang sekali saya bisa membaca blog ini…untuk agan and sista…yng suka batik batik lawasan daerah Tegal,banyumasan ,dan daerah lain…monggo…. di lihat lihat album kami ya…di balqis batik lawasan…suwun…

  23. Saya punya batik 3 negri 2 helai yang usianya 60 tahun ke atas,kondisi dijamin mulus sekali,yang berminat hubungi 087829907007.thnks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s