Batik Jlamprang

 

gambar batik jlamprang

Motif – motif Jlamprang atau di Yogyakarta dengan nama Nitik adalah salah satu batik yang cukup popular diproduksi di daerah Krapyak Pekalongan. Batik ini merupakan pengembangan dari motif kain Potola dari India yang berbentuk geometris kadang berbentuk bintang atau mata angin dan menggunakan ranting yang ujungnya berbentuk segi empat. Batik Jlamprang ini diabadikan menjadi salah satu jalan di Pekalongan.

sumber:http://www.grosirpekalongan.com/jenisbatik.html

47 thoughts on “Batik Jlamprang

    1. jlamprang= jalan perang, yang digambarkan di motif yg ber urutan vertikal itu, digambarkan sebagai serdadu perang yg lagi bars…

  1. hai mas/mbak,saya jg penyuka batik lho,dirmah aku juga ada kerajinan batik, tapi kerajinan batk kayu.besk kpn-kpn klu main ke bantul jngn lupa mampir ke bayu aji krebet yach

  2. Batik Jlamprang adalah batik yang berazaskan seni grafis geo-metris yang diilhami filosofi dari Timur Tengah, desain ini sangat berbeda dengan motif batig gaya bouketan atau motif flora dan fauna. Ragam hias kotak-kotak persegi empat atau segitiga dan sejenisnya. Keindahan batik ini pada keragam-hiasan yang menggambarkan konsistensi dan keajegan. Makna filosofis terkandung dalam kitab-suci Alqur’an, daerah Krapyak Kidul dan Lor di Pekalongan adalah daerah yang berbasis batik jlamprang ini.

  3. Di daerah Pekalongan, dapat dijumpai pengrajin Tas Batik Khusus dengan design yang indah dan menarik. Di sekitar arah ke Wiradesa.

  4. Pingback: andayanionyett
  5. BATIK JLAMPRANG bagi yang berminat batik ini, dapat dikombinasikan secara modeling (modis) untuk aneka busana wanita dan pria. Design-design ornamentnya eklusif dan elegent sebagai batik yang diagonalis. Mungkin bisa menjadi trend “terbaru” dengan bahan batik yang murah namun meriah dan indah. Memasuki khasanah perbatikan kontemporer yang mendunia “batik jlamprang” mempuyi ciri khas sendiri tidak ada yang nyamai. Hubungi kami : di Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo Bandung, Telp.022-6032816. Hp.085222066116. Kami sediakan contoh-contoh Batik Jlamprang.

  6. Untuk FIKA : makna-makna Warna pada Batik Jlamprang, penafsiran warna memang sangat imajinatif namun dasar-dasar umum warna adalah : merah untuk berani, putih untuk suci, biru untuk lautan cinta, ungu untuk sentimental, kuning untuk keemasan, coklat untuk bumi keabadian, hitam untuk abadi dan kekal, pink untuk eksotik dan periang, hijau untuk kesuburan dan kemakmuran, dsb. Fika juga dapat membuat tafsiran sendiri untuk warna tidak harus seperti diatas, karena bersifat multidemensional dan multitafsir. Selamat Belajar Menafsirkan Waran. Salam. H.Ch.Faurozi.

  7. Untuk pak Wastim : Menyusun Motif Batik ada kaidahnya : (1) Unsur Bumi digambarkan dengan ornamen Meru; (2) Unsur Geni atau api digambarkan Lidah Api ; (3) Unsur Banyu atau Air digambarkan dengan Ikan atau Ular (4) Unsur angin atau maruta digambarkan dengan Burung..dan masih banyak lagi ornamen-ornamen pada Batik. Pada Batik Jlamprang kaena sifatnya geometris pun sebenarnya mengandung-unsur batik tadi. Karena motif batik berfilosofi unrur hidup ” berbudi bawalaksana”. Terima kasih atas perhatiannya .(H.Ch.Faurozi).

  8. Salam SUKSES untuk kita semua.
    Batik is Amazing!!! apalagi kalo udah punya baju atau batik sendiri.

    agan/sist yg terhormat, kami dari pemegang merk dagang Batik aqila Menyediakan berbagai Produk BATIK murah dan berkualitas.

    BAJU BATIK – ANEKA batik-BAJU batik – KEMEJA batik – kaos BATIK – batik SARIMBIT- TOPI batik – CELANA batik – BLOUSE batik – JAKET batik – JUAL batik – batik MURAH – GROSIR batik – PAKAIAN batik – ACCESSORIS batik – batik PEKALONGAN
    JUAL macam-macam baju BATIK, TOPI, KAOS, BAJU, KEMEJA, CELANA, PAKAIAN, HARGA MURAH DAN GROSIR, terima PARTAI BESAR DAN KECIL

    silahkan kunjungi kami di toko online kami http://www.kaosbatikpekalongan.wordpress.com
    Batik Aqila For Smart Fashion
    Kepuasan Anda berbelanja di tempat kami, adalah kebanggaan bagi kami.

  9. I used to be suggested this website through my cousin. I am no longer positive whether or not this submit is written via him as no one else know such detailed about my problem. You are wonderful! Thank you!

Leave a comment