Home » EnsikloBatik » Daur Ulang Malam

Daur Ulang Malam

Pada umumnya para pembatik dapat mendaur ulang sisa malam yang telah digunakan menjadi malam baru yang dapat dipakai kembali. Setelah batik dilorod (direbus), maka malam akan terlepas dari kain dan terdapat di permukaan air. Hal ini terjadi karena malam (lilin) yang merupakan lemak memiliki massa jenis lebih kecil dari air. Jika air telah dingin maka malampun akan beku dan dapat diambil. Diusahakan air yang terbawa seminimal mungkin, kemudian malam bekas tersebut dicampur dengan BPM (Paraffin/kendal) yang merupakan sisa/ampas dari pembuatan minyak goreng. Bahan lainnya adalah Gondorukem yaitu getah pohon pinus. Jika ingin membuat batik dengan motif garis yang sangat tipis dan halus (ngawat)  maka dapat dicampur dengan damar yaitu getah dari pohon meranti. Semua bahan tersebut direbus hingga larut semua yaitu sekitar 5-7 jam. Setelah itu malam yang telah jadi dicetak dan siap digunakan.

About these ads

29 thoughts on “Daur Ulang Malam

  1. Pingback: Proses Pembuatan Batik « Batik

  2. Pingback: info batik - Vie in Style » Blog Archive » Proses Pembuatan Batik.

      • maaf saya adalah pengrajin malam untuk membatik dan saya jg menjual bahan baku malam batik.jika bapak ingin lebih lanjut bisa hub saya di : 085712344446

  3. Pingback: BATIK PUNYA DAYA TARIK « Pyamoe's Blog

  4. Pingback: produksi batik « Nurzannah's Blog

  5. Pingback: tugas « Elsanjanuarnasle's Blog

  6. Pingback: serba serbi INDONESIA » Archive du blog » proses pembuatan batik

  7. Pingback: G2000 » Blog Archive » Batik pekalongan II

  8. Pingback: BAGAIMANA BATIK DI BUAT??? « Griya Batik Online

  9. Pingback: Berbagai Jenis Kerajinan Batik | caturstrez

  10. Untuk Saeful : proses pembuatan “Malam Batik” menurut standar adalah : (1) Malam Tawon; (2) Gondorukem (3) Damar Mata Kucing, (4) Parafin, (5) Microwax , (6) Kendal. Komposisi takarannya sangat berbeda sesuai kehendak pengrajin, resep dari Pekalongan berbeda dengan resep dari Solo, Joga, dan Lasem. Komposisi ini kadang-kadang dirahasiakan, oleh karena itu pengalaman saja yang dapat menghasilkan resep lilin malam yang baik dengan istilah “ngawat” (untuk batik tulis) atau ” fleksibel” mudah dilorod (batik cap). Tapi jangan khawatir banyak “lilin malam yang siap pakai ” banyak dijual.
    Salam : H.Ch.Faurozi. HP.085222066116.

  11. Proses Pembuatan Lilin Malam Batik : (1) Bahan lilin yang mempunyai titik leleh paling tinggi lebih dahulu dilarutkan (2) dan selanjutnya bahan-bahan yang mempunyai titik-leleh yang rendah. Diaduk yang baik dan rata agar campuran homogen. Kemudian disaring (untuk menghilangkan kotoran) dan dicetak pada tempat yang bak kemudian didinginkan. Komposisi (experimen) : 1 bagian matakucing ; 10 bag.gondorukem, 4 bag.Lilin Parafin.3 bag,Malam Tawon, 4. 1 bag.Gajin Binatang (gemuk).Untuk : Saeful selamat mencoba, dan para peminat Batik. Salam :H.Ch.Faurozi.,Drs.,M.Si (HP.085222066116)

  12. Pingback: Proses Pembuatan Batik « azizahbatik

  13. Pingback: Serba serbi batik di indonesia | Toko Batik Bola

  14. Pingback: cara pembuatan batik « noviantinurutami

  15. Pingback: TEKNIK PEMBUATAN BATIK « batik soko pekalongan

  16. Pingback: Industri batik Trusmi | Fotografi Cirebon

  17. Saya ingin menawarkan damar mata kucing.
    Jika berminat bisa menghubungi Tomy di nomer : 087876662544 , 081314512154. Terima kasih.

  18. Motif batik di Indonesia akan terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan dan kemajuan industri. Ini merupakan hal yang sangat baik karena akan mendorong masyarakat luas untuk lebih mencintai batik dan mendukung setiap kegiatan untuk melestarikan batik.

  19. Pingback: » Batik: Warisan budaya Indonesia, diakui DuniaSpirit Groups

  20. Saya dari sumedang, mo nanya cara mengolah malam bekas. Soalnya malam yg saya daur ulang suka susah lepas ketika dilorodnya. Perbandingan yg saya pakai 10kg malam bekas 5kg gpndo dan 2,5 kg lilin. Mksh jawabannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s