Pekalongan Kota Batik

Pekalongan dikenal sebagai kota batik karena produksi batiknya yang indah dan dinamis. Selain itu Pekalongan tepatnya kabupaten Pekalongan lebih dikenal sebagai kota santri, karena kebudayaan kota pekalongan yang sangat kental nuansa islaminya. Beberapa waktu lalu saya berkeliling di salah satu daerah di Pekalongan yang merupakan penghasil batik yaitu daerah Buaran, tepatnya di desa Simbang Kulon, dan  menemukan suatu pemandangan menarik.

 sd-sarung.jpg

Anak-anak yang sedang bermain sebuah sekolah negri di daerah itu memakai batik dengan seragam pramuka, bersarung batik dan memakai kopiah/songkok. Benar-benar gambaran yang pas untuk kota Pekalongan.

13 thoughts on “Pekalongan Kota Batik

  1. saya suka motif batik pekalongn, bahkan saya ada rencana untuk survey ke pekalongan. kira-kiara daerah mana, apa nama daerahnya yang banyak produksi batik?

    1. saya suka motif batik pekalongn, bahkan saya ada rencana untuk survey ke pekalongan. kira-kiara daerah mana, apa nama daerahnya yang banyak produksi batik? mohon info-nya terima kasih.

  2. BiLa iNGin MenGeTaHui dmN Saja LokaSi PekaLonGan yanG MenYeDiaKaN BaTik,dR TaHaP AWaL PenGeRJaaN HinGga FiNisHinG Bs HuBunGi Saya Di No TeLp (0285)420690 M.Abdussalam TeRiMa KaSiH

  3. Daerah Pengrajin Batik di daerah Pekalongan :
    (1) Wilayah Selatan : Buaran, Pekajangan, Wonopringgo.
    (2) Wilayah Utara : Kelurahan Krapyak khas “Batik Jlamprang”
    (3) Wilayah Barat : Wirodeso, Pencongan, Weru.
    (4) Wilayah Timur : Setono, Landungsari, Klego.
    (5) Wilayah Kota : Kauman, Pesindon, Grogolan.Kraton Kidul.
    Toko Batik Ternama : Huza, Batik Lady Diana, Batik Bahir Latifah, Putra Ghofar, Batik Parasantique, Batik Bona, Batik Unggul Jaya,dll.
    Grosir daerah Timur : Setono, Batik Sutera Tiga Negeri
    Grosir daerah Barat : Pasar UKM Wirodeso
    Grosir daerah Kota : Pasar Banjar Sari
    Semoga Bermanfaat sumber data : observasi daerah Batik Pekalongan. Dari :H.Drs.Ch.Faurozi.,M.Si. Pengamat Batik.

Leave a comment