Home » Teknik Pembuatan Batik » Proses Pembuatan Batik

Proses Pembuatan Batik

Secara umum proses pembuatan batik melalui 3 tahapan yaitu pewarnaan, pemberian malam(lilin) pada kain dan pelepasan lilin dari kain.

Kain putih yang akan dibatik dapat diberi warna dasar sesuai selera kita atau tetap berwarna putih sebelum kemudian di beri malam. Proses pemberian malam ini dapat menggunakan proses batik tulis dengan canting tangan atau dengan proses cap. Pada bagian kain yang diberi malam maka proses pewarnaan pada batik tidak dapat masuk karena tertutup oleh malam (wax resist). Setelah diberi malam, batik dicelup dengan warna. Proses pewarnaan ini dapat dilakukan beberapa kali sesuai keinginan, berapa warna yang diinginkan.

Jika proses pewarnaan dan pemberian malam selesai maka malam dilunturkan dengan proses pemanasan. Batik yang telah jadi direbus hingga malam menjadi leleh dan terlepas dari air. Proses perebusan ini dilakukan dua kali, yang terakhir dengan larutan soda ash untuk mematikan warna yang menempel pada batik, dan menghindari kelunturan. Setelah perebusan selesai, batik direndam air dingin dan dijemur.

About these ads

153 thoughts on “Proses Pembuatan Batik

  1. Saya ingin mengetahui lebih detail lagi masalah proses pembuatan batik, terutama pada batik pekalongan baik untuk batik tulis maupun batik cap, beserta istilahnya dalam bahasa jawa, kemudian bahan – bahan apa saja yg digunakan dalam membuat malam.Bisakah saya mendapatkan informasinya? terima kasih atas infonya :)

    • batik ni saya rasa macam buat benda bodoh. sebab cikgu suruh saya cari benda batik merapu kat internet. batik bosan,lancau,pukimakkkkkkkkkk!!!!!!!!!

      • ape yg dimaksudkan benda bodoh? lagi bodoh jika mencari bende x senonoh di internet atau masuk internet tp tiada makna dan hasil dlm diri… skadar bersosial scara maya tanpa makna… sudara/ri mgkin x pernah cuba membuat batik… jd kerana itu ia dikatakan bosan n bodoh… padahal lg bodoh mgatkan sesuatu yg kita tidak ketahui dan kenali… bagus x jika org mgatakan anda bodoh / lancau/ pukimak/ sedangkan anda tidak bersalah pada mereka danmereka tidak kenal anda? bg mana rasanya…. andaada otak yg dikurnia tuhan, maka gunakannya utk pemikiran kritis…. bukan emosional yg tidak rasional

      • hishh memanx r susah nax caqi suma neyh,.tp agk2 lowrh kta cm tuyh!ckgu p0wn memang r suruh cari benda susah2..gila kowt

      • x de lah bodoh mne pon..sbnrnya,kalaw kte tdk mengenali sesuatu kita patut mengenalinya..bkn mengangkap ia nya sesuatu perkara yg bodoh!

      • eh! batik best lah ! warisan sendiri pun nak dikutuk.
        istighfarlah sebab masalah tak akan selesai kalau kita bermaki hamun.
        tak ke lebih bagus kalau sabar n masukkan nilai baik dalam diri sendiri.

    • Alamat di mana lokasi pembuatan kain batik saya tak tahu. jadi saya minta pertolongan yang saya ingin tahu di mana lokasi tersebut. harap maklum terima kasih

      • yup ! sy stuju…sape kate batik mebosankan?? sy peljr PMR tahun ni ambil skop kraftangan batik bg kerja kursus sejarah..sy ke kwsn kajian dan cuba mncanting batik..sy sngt trtarik..dan sy bangga jadi rakyat Malaysia krn ngr ni bnyk ekonomi tradisi yg sy tidk tahu scr mndalam…sy nak kasik tahu org yg tidk mmpunyai daya tarikan seni jer yg ckp bosann,pukimak atau lancau tu semua..betul tak??
        -terima kasih-

    • Istilah batik dlm bhs.Jawa : ngiseni : memberi isen detail, mbabar :memberi warna, mbiliriki: mengulang, ngolorod: merebus agar lilin malam lepas, mbironi : menutup warna pada coletan.ngrengsi : membuat desain awal,ngeteli : melepaskan kanji pada mori, ngemplong :mmukul kain biar rata, ngerok: melepas lilin malam dengan celuk. dll

  2. Saya ingin meminta bantuan untuk mendapatkan maklumat tentang sejarah dan perkembangan batik, proses, teknik dan kaedah penghasilan , serta falsafah seni batik tersebut,dan unsur serta prinsip yang terdapat dalam seni batik itu sendiri.

    Di harap dapat bantuan
    terima kasih.

  3. Saya kepingin tahu tentang batik canting dan batik cop. Tentang cara-cara pembikinannya, motif yang biasa digunakan, teknik pembuatannya, serta dari sudut mana untuk membedakan antara batik melayu dengan batik negara-negara lain.

  4. saya pelajar sma, aku dapat tugas dr guru untk mencari ragam batik indonesia,
    kira-kira apa saja saya masih bingung…
    mohon bantuannya..ya…

  5. saya mahasiswi unsoed purwokerto. sedang mengambil skripsi yang temanya tentang batik. fokus nya pada tenaga kerjanya. yang ingin saya tanyakan: benarkah ada pembagian kerja secara jenis kelamin pada industri batik? tenaga perempuan mendapatkan spesialis pekerjaan untuk menggambar pola batik (pada batik tulis) dan nyolet atau pekerjaan yang halus dan teliti. sedangkan pekerja laki-laki mendapat spesialisasi kewrja untuk melakukan hal-hal yang membutuhkan tanaga besar (seperti nggodok koin, ngecap, nglorot, dll). jika memang hal ini ada, apa yang menyebabkan adanya pembagian kerja secara seksual ini? dan apakah ada hubungannya dengan budaya jawa yang menganggap bahwa perempuan adalah seorang yang halus dan lemah lembut, sedangkan lelaki adalah seorang yang perkasa? tolong bantuannya ya… jika tidak keberatan, bisa dikirim ke alamat email saya : arda_nature19@yahoo.com. trimakasih sebelumnya…

  6. Memang benar pada umumnya terdapat spesialisasi dalam pembagian kerja dalam pembuatan batik, para lelaki biasanya mengerjakan pewarnaan, nglorod dan ngecap, sedangkan para wanita membuat batik tulis dan colet.

    Tetapi jika anda mengetahui pekerjaan dalam membatik,khgususnya proses nglorod, yang notabenenya menggodog kain yang terkadang hingga berpuluh2 meter(paling banyak 20-30m) dapat anda bayangkan berapa kilogram, kain dalam keadaan basah, dan di depan air mendidih yang panasnya mungkin mencapai 75 Celcius anda akan memahami bahwa pekerjaan2 tersebut memang hanya dapat dikerjakan oleh seorang pria. sedangkan proses cap memang terlihat lebih mudah, tetapi cap tersebut juga berat, apalagi jika terbuat dari tembaga murni, terkadang hingga mencapai 1-2kg, dengan satu tangan dan harus melakukan dengan ketetapan waktu dan posisi yang tinggi, itupun akan lebih baik dilakukan oleh seorang pria yang memiliki tenaga lebih dibanding wanita. saya pernah mendengar wanita yang dapat membuat batik cap, tetapi jujur saja saya belum pernah melihatnya sendiri.

    sedangkan wanita, biasa membuat batik tulis dengan kerumitan tinggi dan ketelatenan dalam waktu yang lama, yang memang merupakan salah satu kelebihan wanita.
    untuk proses pewarnaan wanita maupun pria dapat melakukannya.

    kalo boleh saya mengambil kesimpulan, pembagian tugas tersebut memang semata mata hanya berdasarkan tingkat kesulitan dan kebutuhan akan tenaga manusianya itu sendiri. dan tidak ada hubungannya dengan filosofi gender jawa. tewtapi sekali lagi itu hanya kesimpulan saya pribadi, mungkin jika anda menemukan literatur yang berhubungan dengan filosofi ini anda dapat memberi masukan pada blog ini saya akan berterima kasih sekali.

  7. Saya ingin meminta bantuan untuk mendapatkan maklumat tentang sejarah dan perkembangan batik, proses, teknik dan kaedah penghasilan , serta falsafah seni batik tersebut,dan unsur serta prinsip yang terdapat dalam seni batik itu sendiri.

  8. Saya ingin minta bantuan untuk maklumat tentang falsafah batik,karya batik dan prinsip batik. Harap dapat dihantar dengan kadar yang segera. Terima kasih kerana sudi membantu.

  9. Saya ingin minta bantuan maklumat mengenai falsafah batik,prinsip dan karya batik. Harap dapat hantar dengan kadar yang segera. Terima kasih kerana sudi membantu.

  10. @Elvira
    mungkin saya dapat membantu, jika anda sebutkan lebih spesifik lagi, karena kalo secara global, sepertinya yang anda sebutkan diatas sudah terdapat pada postingan yang ada di blog ini. terimakasih.

  11. Kawan.., Tolong donk kirimi saya info mengenai proses pewarnaan pada batik sablon berikut nama-nama pewarnanya dan dimana kita bisa mendapatkan barang-barang tersebut ? Trims banget !

  12. @adam, maaf saya kurang begitu menguasai tentang batik sablon, yang saya tahu untuk sablon(print) terdapat dua element, thickener dan pewarna. thickener yang digunakan biasanya menggunakan alginat terbuat dari rumput laut ,sedangkan pewarnanya bisanya menggunakan pewarna pigmen, tetapi ada juga yang bisa dengan menggunakan pewarna reaktif.
    pak adam tinggal dimana? kalau di solo atau di pekalongan di toko-toko obat batik biasanya tersedia, dan penjualnya dapat menjelaskan yang bapak butuhkan.

  13. salam
    saya guru kesenian, and kagum buanget sm yg namanya batik, rumit bin susah!tp enjoy baget kl sdh terbiasa. Tp ak blum jelas banget tetntang proses pewarnaannya secara detail, ak hanya mgetahui hnya sedikit. Jika ada yang mau share ilmu batik-membatik….pleasee give me ur Knowledge yaaa….
    thanks ,….wassalam

  14. Saya mau mulai bisnis. Batik, terutama batik Pekalongan, tampaknya memiliki prospek yang baik, apalagi bila dipasarkan di Bandung, tempat domisili saya, yang saat ini lebih dikenal sebagai kota FO (Factory Outlet). Dengan keunikannya saya berharap bisa memasarkannya. Bila bisa dilakukan pembicaraan lebih jauh tentang ini, bisa via email kita komunikasi untuk menjalankan bisnis sebaran batik Pekalongan. terima kasih.

  15. @Arie..
    saya juga membuat batik, berupa pakaian jadi dan asesories.. anda dapat melihatnya di tokobatikpekalongan.wordpress.com

  16. dear my friend,
    thank atas jawabannya, but boleh donk hubungkan saya dengan seseorang yang punya keinginan untuk bisnis batik sablon, saya butuh patner nich. utamanya yang udah pengalaman dalam proses produksi. Oh ya, saya tinggal di kuningan Jabar dan sudah mempunyai link dengan beberapa toko di tanah abang dan mangga dua.

  17. dear sobat,

    saya ingin mendapat info- list harga batik cap. utamanya harga kemeja dengan masing-masing bahan, dan apabila cuma kain aja. terima kasih.

  18. Salam ..
    pak Arie Said, saya tertarik dengan rencana bapak untuk bisnis batik pekalongan di bandung. Saya bisa bekerjasama dengan menyediakan (supply) batik tersebut. Boleh saya tahu, apakah bapak mempunyai tempat yang strategis atau gimana pak ? atau bisa saya minta email bapak ?
    terimakasih.

  19. informasi yang bermanfaat.. batik adalah kekayaan budaya bangsa.. semoga anda juga tetap dapat menjaga kekayaan intelektual (HKI) anda.. salam kenal..

  20. Bagi teman-teman yang mengingikan pengetahuan tentang batik boleh diskusi dengan saya di alamat email saya: karsam@stikom.edu

    Disertasi saya tentang batik. Kalau ragu-ragu boleh dicek di google, ketik saja: Karsam batik Tuban, Karsam, S.Pd. Ma. Ph.D, atau Karsam, MA. Ph.D.

    judul disertasi saya adalah: SENI MEMBATIK TULIS DI KOTA BHARU, KELANTAN, MALAYSIA DAN DI KABUPATEN TUBAN, JAWA TIMUR, INDONESIA: SATU KAJIAN PERBANDINGAN

    Semoga bisa dimanfaatkan

  21. Ahhahai…

    makasih lagi …

    lagi2 page ini bantuin aq bikin pe-er…

    hhehehe…

    kalo boleh…

    artikelnya diperbanyak ya…

    makasih lagi!

  22. Dear all, Saya benar2 tertarik dan selalu mempelajari pembuatan batik cap.karena saya ingin menjadi salah satu produsen batik.Banyak ide dan design untuk anak muda yang jelas bisa mengangkat batik dan familier untuk kaum muda pada umumnya.Apa ada yang bisa menjelaskan proses awal hingga akhir batik tersebut??dan bahan2 bisa diperoleh dimana??,terimakasih bantuanya

  23. Dear all, Saya benar2 tertarik dan selalu mempelajari pembuatan batik cap.karena saya ingin menjadi salah satu produsen batik.Banyak ide dan design untuk anak muda yang jelas bisa mengangkat batik dan familier untuk kaum muda pada umumnya.Apa ada yang bisa menjelaskan proses awal hingga akhir batik tersebut??dan bahan2 bisa diperoleh dimana??,terimakasih bantuanya.email saya: skrj_jkt@yahoo.co.id

  24. mas mba mohon kirim ke email saya segala macam literatur tentang batik dari teknik penciptaan sampai macam motifnya. terima kasih sebelumnya.

  25. Mau tanya nih, Di sekolah2 di Pekalongan apakah siswa nya diajarkan membatik? Mengingat batik Pkongan cukup dikenal luas…

  26. saya mau tanya..dimana yah bisa dapet parafin atau limbah malam untuk campuran buat batik?kebetulan lokasi saya di bandung…info yang saya dengar sih baru ada di pekalongan…apa ada informasi yang lain?
    Thanks

  27. assalamu’alaikum….
    selamat pagi dan salam sejahtera…
    bapak atau ibu pegawai museum batik pekalongan, bisa nggak saya dikirimi nama-nama pewarna batik yang alami, kira-kira bisa saya dapatkan dimana ya…?
    omong-omong ada usaha gak dari pihak museum batik pekalongan untuk mensosialisasikan hal itu soalnya bisa dilihat sendiri kan pak/bu sungai atau kali-kali di pekalongan sudah tercemah limbah batik yang berbahaya buat kesehatan..

  28. oya…satu lagi, tolong dong saya dikirimi gambar motif-motif batik baik yang di pekalongan ataupun yang di luar pekalongan…. tolong ya….

  29. korunk…4ward ar kt aq web gmbr2 batik cop
    batik tjanting
    batik ikat celup….next week da nk kne antr folio..
    plez…..

  30. waaaah ….

    saya bangga menjadi anak Indonesia ,, karena Indonesia bukan hanya terkenal akan korupsi yaNG merajalela …
    tapi Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri, seperti batik ini . pada dasarnya semua anak bahkan kalangan remaja maupun dewasa di Indonesia bahkan di dunia menyukai akan batik khas Indonesia .
    mudah-mudahan dengan adanya batik ini , Indonesia tetap berjaya di hadapan seluruh dunia, dan dapat membuktikan bahwa Indonesia bukan negara terbelakang .

  31. saya sorag mahasiswa jur arsitekur sedag merancag seuah gallery batik di rembang,,,
    saya mw tanya tentang sebaran batik di indonesia???

  32. makasih bgt ya kak udah posting artikel ini. tambah bangga nih jadi anak indonesia! aku juga jadi bisa ngerjain tugas. lengkap bgt lho kak. wikipedia aja kalah. bahasa nya rada ngejelimet sih. hohohoho :P

    sekali lagi, matur nuwun sanget njih kak ;)

    linainhere.blogspot.com

  33. ayo..
    chyo buat batik2 indonesia .
    batik2y indnesia pada keren2 .
    tapi kaya.y harus lebih hati2 dgn kbudayaan batik kita ini . ngara ttngga mulai mrajalela merebut batik indonesia .
    harus Lebih di jaga n d lestarikan dengan baik .
    oke2 !! :-)

  34. halo,apa khabar si semua …….aku pikir aku ingin sekali belajar untuk membuat batik …… aku pasti engak ada syapa 2 mau nolona aku …….tatatatata…..semua yang mengenali aku syazira nisha,kalau ada syapa mau teamn sama akunbagi tau ya……

  35. hoi ….,sape yang cakap wat batik 2 bende bodoh ….mulut jage skit aq bagi krang aaaaaa………. batik le best dari pade ang 2 macam ……..

  36. Nuwon sewu,
    Saya minta tlg, bisakah panjenengan memberikan informasi nama, alamat, dan nmr tlp tempat pembuatan batik pekalongan, sy ingin belajar sekaligus praktek disana cara pembuatan batik yg benar.
    jika tdk keberatan silahkan di infokan ke email sy, nanti akan sy hubungi

    email saya: nomorku.cantik@gmail.com

    maturnuwon

  37. saya bener2 tulus dan amat sangat untuk mendapat instruktur yang dapat membimbing dan mengajari bagaimana cara membatik. saya dan suami akan amat senang apabila bersedia membimbing kami untuk bisa dan dapat ,e,batik dengan baik dan benar. Secepatnya harap hubungi saya di 081392257293 / 08157930293

  38. saya mw ikut belajar membatik… dimana saya bisa ikut kursus batik yg saya inginkan…

    selama ini jarang sekali ada pelatihan batik secara publik

    mohon informasinya

  39. Ya.. siapapun produsen Batiknya….
    Use Made Indonesia Batik :)..
    Ternyata makin banyak yang suka Batik.. dan semakin diakui saja oleh orang Indonesia sendiri… dan orang luar negeri :).

  40. Sekarang kami sebagai produsen Batik pun. Tidak lagi membuat Batiknya tapi membeli Kain Batiknya dan memproduksi sendiri… Dulu beda dengan sekarang..

    Btw Batik bagus kok :). Sekarang sudah keren sekali..
    Beda dengan dulu… sekarang modelnya aneka ragam sekali..

  41. sebelumnya makasih atas informasinya, saya juga ingin bertanya bagaimana membuat batik lukis yang bagus?apakah membuat batik lukis membutuhkan kecakapan khusus atau bisa dengan berlatih?terus bahan lukisnya dari apa pak?itu aja tolong di tanggapi, makasih…

  42. Pingback: tugas « Elsanjanuarnasle's Blog

    • Secara umum proses pembuatan batik melalui 3 tahapan yaitu pewarnaan, pemberian malam(lilin) pada kain dan pelepasan lilin dari kain.
      Kain putih yang akan dibatik dapat diberi warna dasar sesuai selera kita atau tetap berwarna putih sebelum kemudian di beri malam. Proses pemberian malam ini dapat menggunakan proses batik tulis dengan canting tangan atau dengan proses cap. Pada bagian kain yang diberi malam maka proses pewarnaan pada batik tidak dapat masuk karena tertutup oleh malam (wax resist). Setelah diberi malam, batik dicelup dengan warna. Proses pewarnaan ini dapat dilakukan beberapa kali sesuai keinginan, berapa warna yang diinginkan.
      Jika proses pewarnaan dan pemberian malam selesai maka malam dilunturkan dengan proses pemanasan. Batik yang telah jadi direbus hingga malam menjadi leleh dan terlepas dari air. Proses perebusan ini dilakukan dua kali, yang terakhir dengan larutan soda ash untuk mematikan warna yang menempel pada batik, dan menghindari kelunturan. Setelah perebusan selesai, batik direndam air dingin dan dijemur.

  43. assalamualaikum..saya pedagang batik saya pengen kenal produsen batik dan mengambil batik langsung dari produsen batik agar mendapat harga lebih murah, sebelumnya saya mengambil batik dari tengkulak yang pasti sudah mengambil untung, jadi harganya sudah agak mahal, dengan ini dapatkah saya berkenalan dengan produsen langsung untuk bekerja sama…jika ada yang bisa bantu silahkan kirim email ke saya…..

  44. TEHNIK MEMBUAT BATIK TULIS :
    A.Persiapan : (1)Nggirah atau Ngeteli; (2)Nganji (menganji); (3) Ngemplong (kalander). B.Membuat Batik :(1) Pelekatan Lilin/Malam mengikuti motif dan ornamen {2)Pewarnaan zat warna alami atau sintetis (3)Menghilangkan Lilin. C.Proses Akhir : penghilangan lilin (1) Cara Kerokan, (2) Cara Lorodan, (3) Cara Bedesan, (4) Cara Radioan. Tehnik dasar ini dapat dijadikan acuan umum, proses pembuatan batik lebih mudah dipahami apabila dipraktekkan langsung.
    Buat para pecinta serius tehnik batik.
    H.Drs.Ch.Faurozi.,M.Si. Pembuat Batik Tulis dan Pemerhati Batik, Tinggal di Bandung.

  45. Pingback: G2000 » Blog Archive » Batik pekalongan II

  46. Pingback: Batik DELICIOUS

  47. batik adalah karya dari indonesia asli.jadi,disaat kita memakai batik kita pasti merasa bangga terhadap karya kita sendiri.sampai-sampai malaysia mencuri budaya kita sendiri.itu sebabnya,karena malaysia tidak punya karya atau imajinasi sendiri.jadi,malaysia mencuri budaya kita contoh:tari pendet,batik.

  48. Kami pun senang sekali setelah batik di akui unesco permintaan akan produk kami semakin banyak,apalagi bila di dukung system marketing yang modern,kami senang semakin banyak anak muda indonesia tertarik akan cara proses pembuatan batik. Ok..tambah terus artikelnya ya…

  49. BOLEHKAH SY MNTA INFORMASI ALAMAT PRODUSEN BATIK, KHUSUSX DI JAWA TIMUR, KARENA SY MEMPUNYAI BAHAN BAKU UNTK PEMBUATAN MALAM (LILIN) UNTUK MEMBATIK. ATAS INFOX SY UCAPKAN TERIMA KASIH

  50. Salam Perdana

    Materi di Blog ini sudah terbagi sangat bagus..
    Memperhatikan semuanya, sudah menjadi awal perkenalan dan pemahamanya…
    Yang memang bisa ditambahkan dan menambahkan alangkah baiknya memberikan alamat dan situs yang bersangkutan bagi yang sudah melakukan itu sangat membantu bagi yang membutuhkan

    Tentang hal2 yang memang hanya bisa dipecahkan di lapangan, Kawan seperjuangan dari Pekalongan pasti bersedia di datangi dan di jadikan sentral pembelajaran dan pendidikannya

    Semoga Ruang ini menjadi semakin mantab dan saling menghormati, saling belajar dan memberikan segi positifnya

    Salam Guntur Bisowarno S. Si., Apt

  51. Untuk Febrana Savitri : Membuat batik dengan motif yang berbeda sangat mudah dengan explorasi kreatif “Batik TUlis” yaitu dapat bebas dari pakem batiknya.Contoh : Batik Justin Bieber, Batik Piala Dunia, Batik Pecinta Mobil VW, Batik Elektronika, dll. Kami mempunyai rengsi (rancangan batik tulis siap warna) dari motif tersebut. Berminat Hubungi kami di : Hp.085222066116. H.Ch.Faurozi. Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo 40534 Bandung.

  52. anda bingung ingin mengetahui tentang batik yang sebenarnya tanpa ada kata ” katanya / kabarnya ” …
    saya asli pekalongan , pembuat batik pekalongan ,
    untuk mengetahui lebih lanjut tentang batik yang mungkin penting bagi anda atau bagi usaha anda , bisa hubungi ke nomer ( 0285 ) 794960 atau HP. 088215036399 .
    terimakasih .

  53. setiap yg disuruh,dikehendaki,atau diperolehi adalah ilmu buat kte…..
    tidak pernah wujud istilah BODOH dalam proses pembelajaran setiap manusia.segalanya adalh ilmu yang mungkin akan membawa kebaikan pada kita suatu hari kelak………pokok pangkalnya terletak pada dr kte sendiri untuk memanfaatkannya kearah kebaikan……^_^

  54. apakah sebelum membatik,kain yang digunakan harus dicelupkan terlebih dulu kedalam cairan tepung tapioka(air+Tepung tapioka/Kanji) lalu diperas? ini di khususkan hanya untuk kain katun aja ataukah juga kain sutra ?
    jika tanpa mengunakan proses diatas apakah bisa ?

  55. FORUM INI SANGAT BAGUS UNTUK SHARING DUNIA BATIK DAN MANFAAT PRAKTISNYA MUDAH2AN KIAN DEKAT UNTUK MELESTARIKANNYA JATIDIRI BANGSA. TKS

  56. Wow, ternyata pembuatan batik begitu rumit.
    Setelah baca2 tulisan ini, baru tahu saya proses pembuatan batik tidak lah semudah yang saya pikirkan semula.

    Tapi kenapa bisa banyak batik yang murah?

  57. Salam kenal saya senang batik,tapai sya kesulitan dalam proses pewarnaan menggunakan Rhemazol,khususnya pada saat fiksasi(pengancingan warna, mohon bantuannya.tuk dapat saya praktekkan

  58. pemberian malam(lilin) pada kain dan pelepasan lilin dari kain tuh ape? x paham la.. boleh terangkan? sye x tahu pasal batik nih

  59. Ass.Wr.Wb.Aq bru2 ini bljr mmbatik & bru 1 helai slesai di klowong/di beri lilin tpi aq msh blm tahu benar cara mewarnainya,hnya teori sj…tpi aq sdh siapkn 1 set warna Naptol & garamnya untuk mwarnai selembar kainku itu…gmn ya detailnya..trims apabila ada yg bs bantu nerangkn..Wassalam.

  60. gimana caranya membuat batik itu…dan apa aja yang harus di butuhkan ketika akan membuat batik tersebuut…kasih tw ya…ku tunggu info selanjutnya….

  61. Membuat Batik : 1.Persiapan : ngirah,nganji,ngemplong. 2.Pelekatan Lilin (malam batik) dari motif yang dibuat dari Cap atau Tulis, 3.Pewarnaan Batik (mencelup,coletan atau lukisan), 4.Pelepasan Lilin Batik (nglorod, ngebyok,mbabar).Tehnik lain :kerokan, lorodan, bedesan dan radioan. Semoga bermanfaat. Bahan :mori,lilinbatik,zat pewarna.Alat :canting Tulis atau Cap Batik.

  62. Rasin dan Parafin Wax gunanya untuk campuran lilin atau malam batik agar lemas namun tidak leleh dan hasil pembatikannya (batik tulis) agar “ngawat” seperti kawat yang menempel pada kain sehingga batiknya berkualitas dan apabila ada pencoletan tidak mbleber.

  63. Tenaga Kerja buat Batik : Pembatik Tulis, Tukang Cap, Penjolet Batik, Kuli Keceh (pewarna), Kuli Mopok (ngeblog batik), Kuli Lorod (pelepas lilin malam), Tukang Ketelan (pengemplongan) pada persiapan batik.
    Alat Batik : Canting Tulis cecek satu, dua, tiga sampai tujuh. Canting Cap terbuat dari tembaga atau kayu, Wajan batik, Ender batik, Gawangan, Kompor batik, Jedi alat pelorodan, Jemuran Batik, Pengemplongan (penghalus batik) Semoga bermanfaat.

  64. Proses Pewarnaan Napthol dan Garam dikenal obat 1 (napthol dipasta dengan air panas kustik soda dan tro) dan obat 2 (garam dipasta dengan air dingin). Proses : napthol diatuskan baru digarami (diazo). gampangkan.Kalau berulang cuci dulu, alat sebaiknya pakai slerekan.

  65. Kualfikasi obat Napthol : AS, AS-BG,AS-BO,AS-BR,AS-BS,AS-BT,AS-D,AS-GR,AS-G,AS-ITR,AS-E,AS-LB,AS-LC,AS-LG,ASL3g,AS-L4G,AS-LT. Paberik: Ciba, Geigy,Sandoz,Francolor,ICI,Du Pont,ACNA,I.G.Faber Jerman.

  66. Pingback: cara pembuatan batik « noviantinurutami

  67. Pingback: TEKNIK PEMBUATAN BATIK « batik soko pekalongan

  68. Motif batik di Indonesia akan terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan dan kemajuan industri. Ini merupakan hal yang sangat baik karena akan mendorong masyarakat luas untuk lebih mencintai batik dan mendukung setiap kegiatan untuk melestarikan batik.

  69. Pingback: Cara Membuat Batik Tulis | Caramanfaat.net

  70. ada yang tau produsen malam batik harga grosiran….soalnya saya membutuhkannya 200-300 kg/minggu..tolong di bantu ya

  71. “Komunitas Pengrajin Batik”
    Bagi anda yang membutuhkan berbagai macam mengenai batik silahkan hubungi kami.
    Kami pengrajin batik siap untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan anda.
    trimakasih…
    ..0857 4394 0055..(YANURI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s