Home » EnsikloBatik » Batik Pekalongan

Batik Pekalongan

Batik Pekalongan termasuk batik pesisir yang paling kaya akan warna. Sebagaimana ciri khas batik pesisir, ragam hiasnya biasanya bersifat naturalis. Jika dibanding dengan batik pesisir lainnya Batik Pekalongan ini sangat dipengaruhi pendatang keturunan China dan Belanda. Motif Batik Pekalongan sangat bebas, dan menarik, meskipun motifnya terkadang sama dengan batik Solo atau Yogya, seringkali dimodifikasi dengan variasi warna yang atraktif. Tak jarang pada sehelai kain batik dijumpai hingga 8 warna yang berani, dan kombinasi yang dinamis. Motif yang paling populer di dan terkenal dari pekalongan adalah motif batik Jlamprang.

Batik Pekalongan banyak dipasarkan hingga ke daerah luar jawa, diantaranya Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Minahasa, hingga Makassar. Biasanya pedagang batik di daerah ini memesan motif yang sesuai dengan selera dan adat daerah masing-masing.

Keistimewaan Batik Pekalongan adalah, para pembatiknya selalu mengikuti perkembangan jaman . Misalnya pada waktu penjajahan Jepang, maka lahir batik dengan nama’Batik Jawa Hokokai’,yaitu batik dengan motif dan warna yang mirip kimono Jepang. Pada umumnya batik jawa hokokai ini merupakan batik pagi-sore. Pada tahun enampuluhan juga diciptakan batik dengan nama tritura. Bahkan pada tahun 2005, sesaat setelah presiden SBY diangkat muncul batik dengan motif ‘SBY’ yaitu motif batik yang mirip dengankain tenun ikat atau songket. Motif yang cukup populer akhir-akhir ini adalah motif Tsunami. Memang orang Pekalongan tidak pernah kehabisan ide untuk membuat kreasi motif batik.

 

Sumber: Ungkapan Spesial Batik, Its Mystery and Meaning

About these ads

57 thoughts on “Batik Pekalongan

  1. KEREN!!! beneran deh, ngebantu banget. Selama ini susah banget nyari artian dari motif batik dan latar belakangnya. Kalo nyari motifnya pasti yang keluar itu galeri vintage art yang ngejual batik. Padahal aku suka banget sama motif batik pekalongan, tapi gak ngerti ama sekali apa sejarah dibaliknua. Bisa tolong lebih detil ga, sekalian ma contoh gambarnya… , thanks ya, buat infonya

  2. Artikelnya bagus2 ^-^
    saya mau nanya, tiap daerah kan punya motif batik tersendiri, kalo dari indonesianya ada ciri khasnya ga? jadi bukan diliat secara daerah, tapi secara nasional..
    terus kalo tentang batik pekalongannya punya artikel yang lebih lengkap ga?saya lagi ngangkat batik untuk tugas akhir saya..
    boleh minta alamat emailnya?
    tengkyu.. ^-^

  3. aku sebagai warga pekalongan JUJUR sangat sangat sangat sangat BANGGA akan seni batik pekalongan….
    Go batik pekalongan
    jangan sampai seni batik kita di akui oleh negara LAIN!!!!
    saya pertama yang akan menentang!!!
    ILOVE full my city PEKALONGAN………

  4. Artikel ini bagus banget.
    Saya sangat menyukai kain batik dan ingin sekali bisa memakai bahan itu untuk setiap kesempatan.
    Namun sayang tidak di setiap kesempatan saya bisa memakainya.
    Di kantor aja hanya disiapkan satu hari kami berseragam batik, makanya di setiap kesempatan yang tidak menuntut dress code saya lebih memilih busana batik dengan model2 kasual yang saya beli di toko2 atau saya pesan ke penjahit langganan.

    Bravo Batik Indonesia!!

  5. Asssalamu’alaikum,
    saya mau tanya, kalo ke Pekalongan dimana ya bisa cari tempat-tempat yang pasti menjual batik yang komplit, berkualitas dengan harga terjangkau?
    Kalo bisa tolong dong dengan alamat lengkapnya soalnya kebeneran saya berencana mau ke daerah Jawa Tengah dalam rangka Study Tour dengan rekan kerja…
    Makasih yaa…

  6. buat mama gharen….
    Jika anda pengin belanja batik di Kota Pekalongan , andabisa datang ke Pasar Grosir Setono
    d/a Jl. Raya Pekalongan – Semarang di Km 2 ke arah timur..,,atau ke kampung batik Kauman d/a Depan Mall Pekalongan ( Matahari ). Pasar Grosir PPIP d/a dalam Kota Pekalongan jl. wahid Hasyim.
    Jangan khawatir klo anda ke Pekalongan , karena disana ada berbagai macam motif batik serta galeri2 yang menjual baju Batik. Anda juga bisa mampir ke Museum Batik Di Kota Pekalongan , dsna ada berbagai macam motif batik dari jaman dulu. Di museum batik Kota Pekalongan , selain kita mengenal warusan budaya bangsa , kita juga sekalian bisa belajar membatik sampai selesai. Museum batik juga menyediakan kedai batik yang menjual Baju2 Batik motif asli Kota Pekalongan

  7. Pingback: Batik Pekalongan « Maryatisurtikanti’s Blog

  8. Saya cuma ingin memberi saran supaya lebih sering mempromosikan Batik Pekalongan misalnya dengan membuat acara tahunan semacam Pameran atau Festifal batik.Saya masih ingat Festifal Batik yang diadakan beberapa tahun yang lalu pernah sukses,mengapa sekarang tidak di selenggarakan lagi acara tersebut?

  9. semenjak saya mengenal batik, ada unsur ketertarikan untuk mengetahui lebih dalam… saya mahasiswa arsitektur uns. sedang mengambil tugas akhir yang berhubungan dengan batik khususnya batik pekalongan. judul yang akan diselesaikan adalah “Pusat Batik Pekalongan” semuanya berisi segala sesuatu tentang batik. apabila tahu makna dan arti dari batik pekalongan mohon kirim ke email saya guna_mandala@yahoo.co.id. makasih

  10. thanks ya mami bt infonya. diriku tlh deadline pengajuan proposal. thanks bgt. smg anda tetap care dg budaya bangsa seperti aqyu jg…

  11. Batik budaya beraspek internasional dirancang dan didesain oleh nilai luhur nenek moyang kita dari berbagai aspek budaya mancanegara bahan dasar kain.zat pewarna.filosofis motif. perdangan.dsb hanya dari keluguan Bapak dan Ibu dengan filosofi kejujuran dan ketekunan tercipta maha karya batik.

  12. Tassya, di Batik Mega Mendung Yth.
    Komentar ini mungkin terlambat:
    (1) Yang buat Batik tetap Batik adalah memenuhi standar perancangan motif batik yang berunsurkan,sifat bumi, mega, api dan sifat air dalam ornamennya.
    (2)Elemen khas batik adalah zat perintang pewarnaan yaitu “malam” (lilin batik).
    (3)Motif batik yang Anda ciptakan dikenal sebagai “Batik Fractal”, yaitu motif batik obyek benda keseharian, termasuk dengan rumusan matematis dari hukum farctal.
    Semoga bermanfaat.
    Wassalam.

  13. klo tidak salah di pekalongan itu..setiap daerah ciri batiknya berbeda..
    nah..klo boleh tau..di pekalongan sendiri ada berapa daerah yah??
    jadi bisa mengira2 aja..
    trimakasih..

  14. **
    Tassya, di Batik Mega Mendung Yth.
    Komentar ini mungkin terlambat:
    (1) Yang buat Batik tetap Batik adalah memenuhi standar perancangan motif batik yang berunsurkan,sifat bumi, mega, api dan sifat air dalam ornamennya.
    (2)Elemen khas batik adalah zat perintang pewarnaan yaitu “malam” (lilin batik).
    (3)Motif batik yang Anda ciptakan dikenal sebagai “Batik Fractal”, yaitu motif batik obyek benda keseharian, termasuk dengan rumusan matematis dari hukum farctal.
    Semoga bermanfaat.
    Wassalam.
    **
    Betul walau sekarang Batik banyak yang sudah dalam hasil cetakan. Batik indramayu beda lagi, sebab banyak unsur flora dan fauna . kadang membingungkan, banyak yang coraknya dipengaruhi China seperti corak merak, phoenix dll…. (yang unsur air dll seperti mega mendung)
    ..

  15. Sera Yth. Motif Batik Pekalongan yang pernah terkenal adalah “MOTIF BATIK TERANG BULAN ” dari seorang pengrajin Batik di Pesindon, filosofi nya adalah makna
    kecarahan dan kehidupan yang damai, makmur, tenteram, religius, seperti terangnya bulan purnama. Abstraksi gambar adalah motif Pasungan dengan Ornamen Puri Bali, Motif Utama Lar Garuda dan isen-isen titik lembut lambang keperkasaan. Semoga bermanfaat : H.Ch.Faurozi.,Drs.,M.Si. HP.085222066116. Pesona Griya Panjang 2 Blok H-8 Pekalongan.

  16. Pingback: Batik « .:Super Space:.

  17. Motif batik “Terang Bulan ” mirip motif Batik Cuwiri, latar belakang lar-laran Garuda, dihiasi ornamen “Kuil Bali “. Pengrajin di daerah Pesindon sekitar tahun 1960-an. Entah kenapa tidak ada motif ornamen bulannya, namun ciri nan menonjol adalah pada ornamen “Kuil Bali” yang membedakannya.
    Warna dasar biru sempurna dan sogan-sogan pada pinggiran ornamen jang penuh dengan cecekan batik tulis asli.

  18. Pingback: Sekilas ala Khas Pekalongan « Mufatis Maqdum

  19. Untuk Handayani.Nini, kami bisa membantu rencana baju batik motif desain sendiri, Home Industri di Batik Puspita Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo Bandung 40534, di Pekalongan Jl.Manunggal Ia. No.4 Kraton Lor. H.Ch.Faurozi.Hp.085222066116. Telp. 022-6032816.Untuk konsultasi intensip kami bersedia mendatangi tempat anda. Terima Kasih.

  20. Pingback: andayanionyett

  21. Pingback: batik pekalongan « alvumananta

  22. Saya butuh batik untuk seragam panitia heh laki 62 pcs dan blues perempuan 56 pcs mohon diberi alamatnya sy akan berkunjung dan contoh motif beserta harganya,tks

  23. Untuk Bpk.Moelyandjono : kami mempuyai sekitar banyak motif-motif “Batik untuk Seragam ” bisa melayani sampai 100 piece atau lebih, ukuran bahan standar 110 x 225 cm (belum dijahit) berupa “Batik Halus” harga satuan antara Rp.50.000,- sd Rp.70.000,- per potong.
    Alamat kami : Batik Puspita Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo 40534 Cibeureum Raya-Bandung. Telp.Rumah : 022-6032816. Hp. 085222066116.Contoh Batik dapat kami kirimkan via E-mail atau via Pos, Terima Kasih dan Salam Hormat. (H.Ch.Faurozi ).

  24. Beda Batik Pekalongan dengan batik yang lain, dikenal sebagai “Batik Pesisiran” , kaya akan Corak Warna, (merah, biru, violet, hijau, abu-abu, kuning, sogan, dan kombinasi aneka warna). Ragam hias motifnya selalu mengikuti trend-dan juga eklusif diluar pakem. Bisa digunakan untuk semua lapisan masyarakat tidak hanya lingkungan Kraton. Terinspirasi dari motif Cina, India, Eropa, dan Arab (tImur tengah), terkenal sejak zaman dahulu kala masa penjajahan Jepang, dan Belanda, serta mungkin sebelumnya. Membudaya hampir disemua warga-masyarakat dikota dan didesa-desa, bersifat turun temurun. Kombinasi untuk kebutuhan perdagangan dan pemeliharaan seni batik, pada era Soekarno katagori sembako untuk sandang berkepribadian. (Sumber : berbagai Literatur Batik Indonesia).

  25. Pingback: Serba serbi batik di indonesia | Toko Batik Bola

  26. Fungsi Batik : untuk busana (pakaian keseharian atau resmi), untuk dekoratif taplak meja, hiasan dinding, gordin,dll, untuk estetika modeling, ornamen rumah,kantor,gapura, kereta-api batik, sepatu batik,dsb. Filosofi Batik: “kebaikan”, “kemakmuran”,kesejahteraan (sido mukti), Contoh ; adalah malu maling dan koruptor berbaju batik.

  27. Salam SUKSES untuk kita semua.
    Batik is Amazing!!! apalagi kalo udah punya baju atau batik sendiri.

    agan/sist yg terhormat, kami dari pemegang merk dagang Batik aqila Menyediakan berbagai Produk BATIK murah dan berkualitas.

    BATIK – ANEKA batik-BAJU batik – KEMEJA batik – kaos BATIK – batik SARIMBIT- TOPI batik – CELANA batik – BLOUSE batik – JAKET batik – JUAL batik – batik MURAH – GROSIR batik – PAKAIAN batik – ACCESSORIS batik – batik PEKALONGAN
    JUAL ANEKA macam BATIK, TOPI, KAOS, BAJU, KEMEJA, CELANA, PAKAIAN, HARGA MURAH DAN GROSIR, terima PARTAI BESAR DAN KECIL

    silahkan kunjungi kami di toko online kami http://www.kaosbatikpekalongan.wordpress.com

    Kepuasan Anda berbelanja di tempat kami, adalah kebanggaan bagi kami.

  28. Batik pekalongan memang patut diacungi jempol..!! sebagai bangsa indonesia kita harus bangga dengan peninggalan budaya batik ini dan kita harus tetap menjanga dan mengembangpesatkan nama batik pekalongan indonesia. :)

  29. bpk pengusaha batik yang terhormat bisakah kami pesan batik dgn corak pola yg kt inginkan contohnya kt punya lambang” klub atau organisasi apa bila kt bs memesanya dgn kreteria tsb di atas maka berencana memesanya tentunya dgn harga yg murah tp kualitas bhn yg bagus. trima ksh n km minta no. tlp bpk yg bs kami hub.trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s