Home » EnsikloBatik » Batik Untuk Pengantin

Batik Untuk Pengantin

sido mukti   sido luhur   sido mulyo   sido asih

Setiap motif pada batik tradisional klasik selalu memiliki filosofi tersendiri. Pada motif Batik, Khususnya dari daerah jawa tengah, terutama Solo dan Yogya, setiap gambar memiliki makna. Hal ini ada hubungannya dengan arti atau makna filosofis dalam kebudayaan Hindu-Jawa. Pada motif tertentu ada yang dianggap sakral dan hanya dapat dipakai pada kesempatan atau peristiwa tertentu, diantaranya pada upacara perkawinan.

Motif Sido-Mukti biasanya dipakai oleh pengantin pria dan wanita pada acara perkawinan, dinamakan juga sebagai Sawitan (sepasang).
Sido berarti terus menerus atau menjadi dan mukti berarti hidup dalam berkecukupan dan kebahagiaan. jadi dapat disimpulkan motif ini melambangka harapan akan masa depan yang baik, penuh kebahagiaan unuk kedua mempelai.
Selain Sido Mukti terdapat pula motif Sido Asih yang maknanya hidup dalam kasih sayang.
Masih ada lagi motif Sido Mulyo yang berarti hidup dalam kemuliaan dan Sido Luhur yang berarti dalam hidup selalu berbudi luhur.
Ada pula motif yang bukan sawitan kembar, tetapi biasanya dipakai pasangan pengantin yaiu motif Ratu Ratih berpasangan dengan Semen Rama, yang melambangkan kesetiaan seorang istri kepada suaminya.
Sebenarnya masih banyak lagi motif yang biasa dipakai pasangan pengantin, semuanya diciptakan dengan melambangkan harapan, pesan, niat dan itikad baik kepada pasangan pengantin.
Pada Upacara Perkawinan Orang tua pengantin biasanya memakai motif truntum yang dapat pula berarti menuntun, yang maknanya menuntun kedua mempelai dalam memasuki liku-liku kehidupan baru yaitu berumah tangga.
Dikenal juga motif Sido Wirasat, wirasat berarti nasehat, dan pada motif ini selalu terdapat kombinasi motif truntum di dalamnya, yang melambangkan orangtua akan selalu memberi nasehat dan menuntun kedua mempelai dalam memasuki kehidupan berumahtangga.

About these ads

40 thoughts on “Batik Untuk Pengantin

  1. wadUhhhHh,,,,,
    untung ada website
    ini,,,,
    kalo ga,,,,
    ga tw lagi dey,,,,
    tugas akHir filsafat ilmU,,,w,,,
    bakal berantakan,,,,
    hohohohohoh8
    vielen danK,,,,
    bwt website ini
    yang uda nyediain bgitu banyak informsi
    mengenai batik,,,,
    terus Up to date BUdaya batik
    iNDonEsia,,,,,,

  2. website batik yang bagus banyak informasinya tentang batik jangan sampai dilupakan terutama kaum muda kita budayakan batik indonesia asli warisan leluhur kita.
    Tolong dong di Update nama2 batik kuno dan yang baru berikut fotonya thanks

    @ Agus Heryanto
    Terimakasih pak Agus Heryanto atas masukan dan dukungannya, insyaAllah akan terus Kami update mohon dukungannya juga.

  3. thanks God, masih ada anak muda yang concern sama budaya kita…soalnya agak mengkhawatirkan juga budaya yang diwarisin sama leluhur kita, yang posisinya makin tergeser dengan budaya luar yang sering diadaptasi dengan tidak smart…mudah2an lewat website ini, budaya kita, batik pada khususnya bisa tetap terjaga kelestariannya dan infonya bisa terus kita akses dengan mudah.

  4. terima kasih bu Fariza, atas kunjungannya ke blog ini. mari kita bersama melestarikan budaya Indonesia bersama melalui batik yang menjadi ciri khas Indonesia

  5. Kakak atau Ibu Atique, apakah saya bisa minta tolong untuk informasi tentang makna-makna dari motif Batik yang lebih lengkap juga contoh / foto yang lebih besar sehingga tampak detailnya. Atau mungkin Anda memiliki rekomendasi website yang bisa saya akses untuk mendapatkan info tersebut. Terima kasih.

  6. wah, bagus juga motif dari batik nya. tapi klo ada yang sudah jadi kebaya pengantin yang sepasang tu lebih cantik lagi,dan lebih banyak motif yg dilihatkan, karena saya pengen banget nikah dengan busana batik oche…………???????

  7. Pingback: blognya yanu » Blog Archive » Batik dan Maknanya

  8. wahhh untung ada website ini…. kalo tidak bisa-bisa salah beli untuk peningset saya…
    thanks banget infonya…
    buat sekalian dong katalog lengkap tentang batiknyaa..
    gambar, nama, sejarah, asal, kegunaan dlll

  9. Saya cinta batik & suka sekali dengan batik.
    Tulisan mas sangat membantu saya memperluas wawasan mengenai batik..
    tapiiii, terus terang saya bingung apa ciri khas dari masing2 batik, ya?
    yg saya baca disini yg ada ciri2nya cuma truntum..yg lain ndak ada..
    jadi saya suka bingung pas lihat motif batik, yg mana yg disebut ciri khas dari nama batik tersebut..

    Contoh, motif parang. Sebenarnya yg manakah parangnya? atau wahyu temurun, yg manakah yg merupakan inti ciri dari motif tersebut..sehingga jika ada kain modifikasinya, kita tahu bahwa motif dasarnya yg mana & motif campurannya yg mana..

    Mohon bantuannya pengetahuannya yaaa…

  10. oia, mungkin akan lebih baik jika disertai gambar motif batiknya. jadi jelas bedanya dan kita tahu mana yang namanya apa.

  11. saya tertarik sama batik, umumnya tekstil khas indonesia. banyak yang saya ingin tahu tentang batik. kalo ada sumber dan saran bagi2 yah!!
    saya juga lagi gencar nih ikutan lomba2 batik. kalau mau sih buat aja forum batik yang ngebahas batik secara dalam dan umum.

  12. Terima kasih untuk informasinya. Kalau boleh saya request, tolong dicatat juga mengenai peran batik-batik tersebut saat pernikahan adat Jawa, per sesi acara.

  13. mudah2 an admin website ini senantiasa semakin memperkenalkan berbagai filosofi budaya jawa khususnya batik. karena zaman sekarang banyak generasi muda yang enggan untuk memahami budayanya sendiri. terima kasih yang setulus2 nya yth admin.

  14. buat rekan-rekan penggemar batik tulis, saya punya beberapa batik tulis peninggalan dari nenek, berumur sekitar 100 tahun. Mungkin ada yang bisa bantu dimana saya bisa menjualnya. kalo ada yang berminat bisa hubungi Denny di 0816 137 2811

  15. PERKEMBANGAN BATIK INDONESIA, bersamaan lahirnya seni gamelan dan wayang pada abad 11-14 (Kerajaan Jenggala – Kediri). Dasar motif terlihat pada Patung Syiwa, Patung Ganesha pada Candi Banon, dekat Borobudur yaitu Motif Lereng, Motif Ceplok, juga Motif Liris, Ngemplak ,Semongan di Semarang, cecek Sawut, pada Hiasan Genderang Perunggu dari Sangeang di dekat Gunung Bima.Motif semacam Kawung di Patung Hari-hara Blitar, dan masih banyak lagi pada Karya Seni Patung Candi-candi di Indonesia. Bagi peminta motif batik dapat melakukan studi pada karya seni itu.
    Drs.H.Ch.Faurozi.,M.Si.Pemerhati Batik. Hp.085222066116

  16. Pingback: luxurious wedding dress batik | batik clothing indonesia

  17. Pingback: Batik « .:Super Space:.

  18. Pingback: Batik Pengantin | pandebatik

  19. Pingback: [Wedding Preparation] Batik dan Kebaya, Indonesia Sekali… « kopipakegula

  20. Pingback: Serba serbi batik di indonesia | Toko Batik Bola

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s