Home » EnsikloBatik » Batik Mega Mendung

Batik Mega Mendung

mega mendung

Hampir di seluruh wilayah Jawa memiliki kekayaan budaya batik yang khas. tentu saja ada daerah-daerah yang lebih menonjol seperti Solo, Yogya, dan Pekalongan. tetapi kekayaan seni batik daerah Cirebon juga tidak kalah dibanding kota-kota lainnya.
Menurut sejarahnya, di daerah cirebon terdapat pelabuhan yang ramai disinggahi berbagai pendatang dari dalam maupun luar negri. Salah satu pendatang yang cukup berpengaruh adalah pendatang dari Cina yang membawa kepercayaan dan seni dari negerinya.
Dalam Sejarah diterangkan bahwa Sunan Gunung Jati yang mengembangkan ajaran Islam di daerah Cirebon menikah dengan seorang putri Cina Bernama Ong TIe. Istri beliau ini sangat menaruh perhatian pada bidang seni, khususnya keramik. Motif-motif pada keramik yang dibawa dari negeri cina ini akhirnya mempengaruhi motif-motif batik hingga terjadi perpaduan antara kebudayaan Cirebon-Cina.
Salah satu motif yang paling terkenal dari daerah Cirebon adalah batik Mega Mendung atau Awan-awanan. Pada motif ini dapat dilihat baik dalam bentuk maupun warnanya bergaya selera cina.
Motif mega mendung melambangkan pembawa hujan yang di nanti-natikan sebagai pembawa kesuburan, dan pemberi kehidupan. Motif ini didominasi dengan warna biru, mulai biru muda hingg biru tua. Warna biru tua menggambarkan awan gelap yang mengandung air hujan, pemberi penghidupan, sedangkan warna biru muda melambangkan semakin cerahnya kehidupan.

 

Image from: indoartssf.com

About these ads

41 thoughts on “Batik Mega Mendung

  1. “Motif mega mendung melambangkan pembawa hujan yang di nanti-natikan sebagai pembawa kesuburan, dan pemberi kehidupan. Motif ini didominasi dengan warna biru, mulai biru muda hingg biru tua. Warna biru tua menggambarkan awan gelap yang mengandung air hujan, pemberi penghidupan, sedangkan warna biru muda melambangkan semakin cerahnya kehidupan.”

    Terima kasih informasinya. Jadi tahu dech makna kekayaan budaya Cirebon..

  2. salam kenakl, mbak.
    Boleh saya minta tolong, mbak? Saya memerlukan gambar batik motif mega mendung seperti diatas atau sejenisnya, tapi dengan ukuran gambar yang lebih besar sehingga tidak pecah jika diperbesar.
    Terima kasih jika mbak bisa membantu saya.

  3. halo..

    salam kenal, saya baca semua artikel2nya. menarik sekali..
    skarang saya lagi buat thesis terakhir nih tentang batik indonesia :) tapi resourcesnya masi kurang. saya milih batik karena emank saya takjub banget sama design and technique yang digunakan.
    cuman saya masi butuh banyak edukasi tentang batik niy, mba bisa bantu?
    pertanyaan saya, apa sih yang buat batik itu tetep batik? elemen apa yang khas di batik yg kalo diambil ngebuat itu udah bukan batik lagi?
    soalnya, project saya skarang, saya pengen buat anak muda demen sama batik, saya coba design2 sendiri corak batik dengan memakai warna2 mencolok n sedikit ngerubah kekonvensionalan repeating di batik, tetapi saya jadi merasa saya udah ngilangin feeling batik itu sendiri. kalo kita liet design corak afrika misalnya, mereka juga banyak menggunakan motif2 nature di fabric mereka, kelihatan seperti batik tapi itu bukan batik.. jadi pertanyaan saya, apa yang menjadi ciri khas suatu batik? dan saya juga coba mendesign beberapa jenis motif dan saya ulangi lagi motif itu, tapi kalo itu batik, berarti semua bisa untuk dijadikan batik donk?
    dan disininalh problem saya, stuck sekali dengan thesis saya :P

    terima kasih jika mba bisa bantu saya :)
    sorry bahasa indonesia saya kurang bagus

    tassya.

  4. terima kasih banyak mbak atas sejarah awal batik dan motif2nya. boleh ngak mbak saya minta motif-motif gambar batik yang lain. sebelumnya terima kasih banyak.

  5. Kita memang harus gencar-gencar menulis segala sesuatu tentang kebudayaan Indonesia agar seluruh tahu bahwa itu hanya ada di Indonesia dan bukan di negara lain, apalagi malaysia?? ya ampuuuuuun!!

  6. Motif batik Cirebon selain mega mendung ada motif karang yang bentuknya mirip dan warnanya dengan mega mendung. Namun apbila motif mega mendung bentuknya horisontal, maka motif karang bentuknya vertikal. Motif karang merupakan penggambaran tentang laut, dimana pada motif batik ini sering terdapat beberapa ornamen seperti motif ikan, udang dan hewan laut lain juga menjadi pelengkap pada motif karang.

  7. saya sgt tertarik dgn batik mega mendung krn motifnya yg unik, dibalik motif yg unik ternyata mengandung filosofi yang sangat dalam. dimana saya bisa beli batik mega mendung?

  8. Hidup wong cirebon….
    Saya sebagai orang cirebon bangga terhadap kebudayaan kota saya, kebudayaan tua yang tetap di jaga sampai sekarang…
    Jangan lupakan Cirebon karna di dalamnya terdapat motif batik mega mendung yang tak kalah dengan motif batik jawa lainnya…
    “Tetap kunjungi cirebon apa lagi Trusmi, di sana kalian bisa melihat2 batik Cirebon”
    suwun pisan kih….

  9. sedang memikirkan batik mega mendung buat tugas motion graphic. thx y artikelnya.
    gw suka Cirebon. coz, cwe gw juga orang Cirebon. hhhhhh

  10. Tulisan yang sangat menarik. Bolehkah saya menyadur tulisan Anda untuk bahan tulisan tentang batik mega mendung di blog saya? Di mana kalau mau mencari sumber tulisan tentang batik? Terima kasih.

  11. Ya batik Cirebon termasuk salah satu budaya yang cukup tua, perlu dilestarikan dan juga dikembangkan. Untuk motif Megomendung yang asli di Cirebon sudah tidak ada lagi dan yang ada adalah pengembangannya, demikian kata seorang maestro batik dan beliau mengatakan bahwa motif Megomendung yang asli dan satu-satunya masih tersimpan rapih di Museum Sonobudaya Yogyakarta.

  12. mas, makasih bgt nih atas ilmunya. berguna banget buat tugas saya. Smoga blog ini menjadi tempat pembelajaran kita bersama. TQ

  13. Saya sangat tertarik dengan si “Mega Mendung”….motifnya unik . tidak seperti batik pada umumnya…Karena senangnya dengan jenis batik ini saya sampai mengkoleksi baju batik Mega Mendung. Tapi sayangnya di Jakarta sulit didapat yaa

  14. Batik Mega Mendung mengandung filosofis dan ciri khas batik yang unik dan bermakna. Namun sayang motif tersebut telah dijiplak dan diproduksi secara massal pada Batik Printing (Batik Sablon), sehingga estetika dan hak paten mega-mendung tidak terlindungi.Sehingga derajat dan kharisma Batik Mega Mendung terkikis oleh pemassalan motif tersebut. Kiranya penjiplak dengan cara-cara yang kurang terpuji perlu dihindari. Agar khasanah dan azas batik asli terawat lestari.

  15. Tentu event yang baik manakala di tahun 2010, batik mega mendung diproduksi secara nasional, syukur sampai di kota Ngawi. Mengapa? Medio 2009 sampai Insya Allah sepanjang tahun 2010 mendung selalu bergelayut. Ayo produksi terus. Masa kalah dengan batik Abdi Negara yang sudah merambah ke mana-mana, seantero pegawai negeri. Batik motif mega mendung pun perlu dipromosikan kepada para pegawai negeri. Berani menerima tantangan ini?

  16. Pingback: Batik « .:Super Space:.

  17. Pingback: Macam Nama Motif Batik | pandebatik

  18. sejarah batik ternyata erbeda beda ,itu tergantung dari orang yang memberi infonya/keterangan.tapi klo maw ada sejarah nya sendiri mega mendung ini dan tujuan dari batik itu sendiri.

    sebelumnya saya minta maaf ,boleh shering batiknya.
    saya maw shering batik megamendung.

    bila anda ingin motif batiknya boleh lihat web ini.
    batikcirebonan.wordpress.com

  19. tolong gan.
    saya butuh informasi dan data tentang batik mega mendung yang lebih spesifik, misal perkembangan motif batik mega mendung dari awal pertama muncul sampe skarang..
    makasi..
    d tunggu info nya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s