Home » EnsikloBatik » Batik Cap

Batik Cap

cap tembaga cap kayu

Batik di Indonesia memang selalu mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Pada awalnya hanya terdapat batik tulis yang dikerjakan oleh para pengrajin wanita menggunakan canting. Sekitar pertengahan abad ke-19, “canting cap” (biasanya disebut hanya“cap” saja) mulai dikembangkan.

Canting cap merupakan sebuah alat berbentuk semacam stempel besar yang telah digambar pola batik. Pada umumnya pola pada canting cap ini dibentuk dari bahan dasar tembaga, tetapi ada pula yang dikombinasikan dengan besi. Dari jenis produksi batik cap ini, pembatik bisa menghemat tenaga, dan tak perlu menggambar pola atau desain di atas kain.

Batik cap juga mengalami pekembangan, dengan dikenalnya cap kayu. Cap yang terbuat dari kayu ini lebih ekonomis dan lebih mudah pembuatannnya. Pola pada kayu diukir dan dibentuk seperti stempel sama halnya dengan cap tembaga. Batik menggunakan cap kayu ini dapat dibedakan dari cap tembaga karena kayu tidak menghantarkan panas sebaik tembaga sehingga malam (lilin) yang menempel pada kayu lebih tipis, dan hasil pengecapannya yang terbentukpun memiliki kekhasan tersendiri, biasanya terdapat sedikit warna yang meresap pada batik karena lilin yang menempel terlalu tipis, sehingga terlihat gradasi warna pada pola antara pinggir motif dan tengahnya.

About these ads

123 thoughts on “Batik Cap

  1. Selama ini yang saya tahu cap tembaga lebih dahulu populer di pekalongan dibanding cap kayu. Saya akan coba cari referensi untuk memastikan yang mana yang lebih dulu diperkenalkan. Terimakasih atas masukannya Pak Andriano

    Saya juga sudah menjelajah ke Blog batikstory.com, semoga saja kita bisa sharing dan saling mndukung untuk memajukan dunia batik.

  2. @devi
    bahan baku berpengaruh dalam pembuatan cap. karena batik dengan cap tembaga lebih baik daripada cap kayu karena tembaga sangat baik menghantarkan panas, sedangkan kayu tidak menghantar panas, sehingga lilin yang menempel pun lebih banyak dan merata dengan menggunakan cap tembaga dibanding dengan cap kayu

  3. maaf pak numpang tanya, beberapa bulan yang lalu saya pergi ke Pekalongan utk melihat batik cap. Dan saya sempat memesan beberapa cap utk kami bawa pulang, utk di coba dirumah dikala ada waktu senggang, maklum saya beserta istri pecinta batik. dirumah saya sudah membuat sebuah meja batik sesuai dengan contoh yang ada dibeberapa pengrajin, namun saya bingung apa saja yang dipakai utk alas mejanya? sebab di museum batik memakai busa, sedang di pengrajin mereka lebih suka menggunakan Gabah(kulit beras) yang di taruh didalam karung goni dan dilapisi plastik agak tebal pada bagian atas dan bawah. mohon info yah pak yang bagus yang mana? ato kalo ada gambarnya kayaknya lebih bagus lagi deh. terima kasih banyak pak.

  4. oh iya Pak, ada ga email yang bisa saya dapat agar saya bisa sharing tentang proses pembuatan Meja Cap Batik ini? terima kasih banyak.

  5. @ Pak Wawan
    terimakasih atas kunjungannya
    pertama-tama, tolong jangan panggil saya pak, karena saya bukan Pria ;)
    kedua, saya sudah melihat beberapa jenis meja cap, ada yang memakai busa, ada yang memakai pelepah pisang dan ada pula yang memakai karung gabah
    tetapi yang paling umum dipakai untuk saat ini adalah busa yang diletakkan di atas meja cap yang telah diberi pinggiran(agar tidak bergeser) kemudian permukaannya dilapisi kain atau kertas tebal (umumnya kertas semen),dan ditutup dengan plastik kaca (plastik yang akan menjadi kencang jika diberi air). Busa ini diberi air agar tetap basah, dan dingin sehingga malam cepat kering. jika kain yang dipakai kain sutra, atau motif pada cap sangat halus,maka lebih baik memakai gabah atau pelepah pisang, karena lebih padat, dan motifnya tidak belobor.
    bapak dapat menghubungi saya pada email muny_fressa@yahoo.com

  6. mbak, mas…
    mau nanya, kalau batik pesisir utara jawa yang biasa buat gendongan bayi yang melambangkan harapan orang tua agar anak tumbuh kuat dll namanya batik apa???
    butuh secepatnya untuk data TA, kalau bisa tolong segera dijawab, heuuuu…^o^ trimakasih…

      • saya bekerja di bidang stockist material tembaga plat, kuningan dll. Apakah ada yang biasa saya tawarkan untuk bahan pembuatan cap batik tersebut? siapa yang bisa saya hubungi? terima kasih

      • Saya butuh plat tembaganya saja, tebal 1.5mm lebar sekitar 3 cm. Berapa harganya? Dan dimana sy bisa ketemu anda? Saya Tiknyo – Kedungwuni.

    • Saya punya cap batik tembaga sekitar 400 buah dulu kami pakai untuk produksi sendiri motif yogya klasik. Akan kami jual dengan harga Rp. 400.000,- per buah (nego) dengan minimal pembelian 100 buah.
      Jika ada yang berminat bia email kami di edhienuryanto1@yahoo.com
      Untuk contoh motif bisa saya kirim gambarnya lewat email juga
      terinakasih.

  7. kalo boleh tau tolong kasih tau saya bagaimana cara melemaskan kertas semen untuk batik agar tidak terkesan kaku..tolong jawaban dikirim ke emailq (taroom_fauz@yahoo.co.id) masalahnya q berencana untuk membuat skripsi dengan tema ini. tanks untuk jawabannya..

  8. Saya punya banyak cap batik motif pesisir yang sudah kuno..sebagian sudah saya perbaiki..siapa yang mau beli ya..please contact me at 085868599890 (yuni)

  9. Bisakah minta tolong alamat-alamat pengrajin cap batik di Pekalongan? Berapa biaya pembuatan satu motif cap batik?

    • Biaya Pembuatan Canting Cap tergantung ukuran dan kerumitan motipnya. Biaya standar adalah sekitar Rp.450ribu ukuran 17×17 cm. Alamat kami di : Batik Puspita Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo 40534 Bandung.

  10. Mbak, gmn kabarnya?
    alhamdullilah saya coba pakai gabah ternyata hasilnya lebih bagus tuh dan juga bantalan lebih padat. thanks banget atas sarannya mbak. kemarin saya sempat berkunjung lagi ke museum Batik di pekalongan dan mampir di wiradesa. kapan2 kami sekeluarga mo kesana lagi.

  11. Di Pekalongan apa masih banyak pengrajin cap batik? Mohon informasinya dong, nama pengrajin, alamat atau no telpon yang bisa dihubungi . . . . nuwun

    • Butuh Cap Batik?
      Saya menaungi banyak pengrajin Cap Batik di Solo,
      Motifnya dari anda atau kami bisa sediakan.
      Telpon saya di 085920632189. Maturnuwun.
      ->R.Syamsurizal, Solo.

      • Berapa harga untuk satu garan cap di tempat anda Pak?
        Jika ada penawarannya bisa saya minta tolong untuk dikirimkan?
        Saya juga berkecimpung dalam pembuatan batik cap. Maturnuwun.

      • bisakah bapak/ibu menjelaskan bagaimana proses pembuatan batik cap yg mudah dan mengandung banyak warna disatu helai kain ukuran -+ 2 x 1. trima kasih

    • Saya punya cap batik tembaga sekitar 400 buah dulu kami pakai untuk produksi sendiri motif yogya klasik. Akan kami jual dengan harga Rp. 400.000,- per buah (nego) dengan minimal pembelian 100 buah.
      Jika ada yang berminat bia email kami di edhienuryanto1@yahoo.com
      terinakasih.

    • Cap Batik Baru agak terbatas (langka) yang baru biasanya pesanan bikin (motip sendiri) karena bisa untuk Hak Cipta , yang sekond di para Kolektor Canting Cap, diantaranya di:
      Batik Puspita, Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo Bandung.

  12. Kami menyediakan Batik Tulis & Cap Traditional Tasikmalaya dengan macam-macam motip beralamat Jl. CIPEDES 1 No.19 Telp.0265.312094 / Hp. 081320212238, Salam Deni

  13. Dear All,

    Saya ingin membuat seragam batik cap dengan logo perusahaan, ada kah yg bisa menyuplai kain batik yg ada cap logo perusahaan saya.
    Saya kira2 butuh 2000seragam.
    Motiv batik dari saya.

    Buat yang berminat, tlg hubungi saya diemail:
    andre_s_asci@yahoo.com
    Tolong sertakan harga dan berapa lama lead time nya.
    Terimakasih.

  14. saya mempunyai Prodak Busana Muslim merek DIN-DIN saya ingin membuat dr bahan batik cap sesui desain saya kalo pesan min berapa yard terima kasih

    • halo, untuk pemesanan kain dengan disain motif sendiri dapat kami penuhi dengan catatan biaya pembuatan cap ditanggung oleh pemesan harga ongkos permeter cap tulis Rp.15.000,
      hub KAMI DI NOMER 08156756455
      SALAM BATIK FATHAN MARIBAYA-SOLO

  15. mabk Heni Yunina:
    Untuk Busana Muslim adalah 3m per potong/lembar
    minimal 10 kodi atau 600 meter jadi kurang lebih 630 yards. Lebar kain 115 cm, bahan dasar mori/katun.
    Kami juga membuat dan menyediakan berbagai motif batik cap di Pekalongan.
    Salam.
    H.Ch.Faurozi.

  16. Pak,Ari Said Yth.
    Kami bisa mensuplai Batik cap Logo Perusahaan :
    1.Untuk Bahan Kemeja Batik per potong Rp.30.000,
    (Proses Rengsi Cap dan Pewarnaan :1 warna)
    2.Untuk Bahan 3 meter(Longdress/Muslim) Rp.35.000,-
    per potong (Rengsi Cap dan Pewarnaan 1 warna)
    3.Logo Cap Batik 1 Gagang Rp.400.000,(Kecuali sudah ada di Bapak) tidak dikenai biaya pembuatan.
    Kami juga menyediakan berbagai Motif Cap Batik (kurang lebih 100 motif) untuk maklon Rengsi Batik Cap :
    1.Kemeja Batik 2 meter Rp.20.000,- per potong.
    2.Bahan untuk Sarung/Kain Panjang Rp.25.000.-/potong
    3.Bahan untuk Baju Muslim/Longdress 3 meter Rp.30.000,- per potong.
    Jangka waktu pengerjaan 2 minggu sd 3 minggu.
    Bahan dasar : kain mori/katun standar batik prima.
    Mohon :SMS alamat ke HP : 085222066116 Bpk.H.Ch.Faurozi.
    Wassalam.

  17. Bpk.Yohanes Edi Rusmantoro Yth.

    Harga satu garan sekitar Rp.400.000, (standar)
    Jika motifnya agak sederhana Rp.300.000,
    Jika motifnya Rumit (Tanahan) sampai Rp.600.000,
    (ini bila kita memesan design atau motif baru)
    Namun banyak Canting Cap lama harga Rp.300.000, sd Rp.400.000, tergantung seni motifnta.
    Harga tersebut penawaran di daerah Pekalongan.
    Wassalam.
    Hub: SMS alamat Bapak ke HP.08522206611 (H.Ch.Faurozi)

  18. Bapak Yth,

    Saya orang Pekalongan yang kebetulan mukim dan ngajar di Kab. Semarang. Kalau boleh bisa tidak saya diajari meracik pewarna batik untuk bahan mengajari siswa didik saya. Kebetulan saya juga lagi riset mencari bahan pengganti malam, sehingga batik tulis tidak melulu menggunakan canting. Makasih sebelumnya

  19. Yth.Toha Von Kruger,
    Konsep dasar racikan obat sederhana : Pewarna Dacar I : ASD dan Pewarna II: Garam Merah B, Biru B, Kuning GC, dsb. Sebenarnya racikan ini dapat berkembang sesuai experimen pengrajin sendiri. Hampir terdapat 150 macam racikan, namun umumnya berbeda-beda dan hanya dengan praktek hasil pewarna berhasil, sebab zat warna punya kepekaan yang sulit diduga hasilnya. Informasi lengkap Bapak dapat mencari pengrajin Batik ysng profesional.
    Salam saya. dari : Bpk.Drs.H.Ch.Faurozi,M.Si. No.HP. :
    085222066116.

  20. Ass. wr.wb

    Subhanalloh bagus sekali artikel-artikel di blog bapak. saya lagi belajar batik terutama batik khas yogya. adakah buku yang bisa saya baca yang menjelaskan sejarah atau folosofi batik yogya?
    jika bapak berkenan mohon dikirim motif dan harga batik bapak ke eamil saya. Mohon harga yang dicantumkan untuk harga distributor karena saya ada toko batik.
    Wass.wr.wb

  21. saya tertarik dengan batik..bisakah dikirim ke imel saya untuk bahan baku pembuatan batik cap beserta daftar harganya?mohon sharing, terimakasih.

  22. Saya orang Pekalongan yang ngajar batik di sebuah SMP di Situbondo,bisa bantu saya dimana mendapatkan bahan pewarna batik yang terdekat dari Situbondo…?

  23. Untuk : Risma
    Bahan Baku Pembuatan BATIK CAP :
    Utama : Canting Cap berbagai Motif, harga Rp.300 Ribu,sd Rp.700 Ribu, Sender Cap per Kg Rp.150 Ribu, Meja Cap Ro.125 Ribu,Kain Mori per meter Rp.7,5 Ribu, Obat Pewarna Napthol per Gram Rp.500 sd 800 Rupiah, Zat Fixed Natrium per Kg.Rp.12Ribu, Malam/Gondorukem per Kg.17 Ribu, Zat Pewarna Coletan Indogosol Rp.900 rupiah per gram. Mudah-mudahan bemanfaat
    Salam dari : H.Ch.Faurozi.,Drs.,M.Si. Bandung.

  24. Untuk : DIN DIN Busana Muslim, Yth.
    Produk baru Motif Batik Cap adalah MOTIF FRACTAL, motif batik yang diambil dari kehidupan keseharian, seperti elektronik, komputer, jaring kabel telepon, abstraksi dari rumusan matematis menjadi Gambar Fractal. Diciptakan oleh lembaga Riset ITB berdasarkan rumusan Prof.Fractal dari Italia dikomposisikan pada motif batik modern khususnya Batik Cap.Hubungi Kami di : SMS 085222066116 Bpk.H.Ch.Faurozi,sertakan Alamat.
    Terima Kasih.

  25. saya salah satu pengrajin batik di daerah Tangerang Banten.saya mau tanya untuk kain bahan katun pewarnaan yang cocok menggunakan bahan baku pewarna apa,selain bahan warna napthol atau indogosol?apakah bahan warna reaktif cukup kuat?mohon dijawab,terima kasih

  26. Pingback: serba serbi INDONESIA » Archive du blog » keanekaragaman batik

  27. Untu: Pengrajin Batik di Tanggerang :
    Bahan Pewarna Batik selain indogosol dan Napthol :
    1. Drimarene 2.Remazol
    Jenis Drimarene-R (Khusus untuk Batik)antara lain:
    Drimarene Brown R-3GL (Coklat Kekuningan/Sogan)
    Drimarene Navy R-GL untuk Biru
    Drimarene Brilliant Red R2GL untuk Merah
    Drimarene Oranye R-GL untuk Oranye.
    Fixasi dengan Natrium Silikat.

  28. maaf saya mau tanya:saya mau bikin batik tulis nih! dan saya punya gambarnya ada gak yg bisa bikinin motifnya aja ke kain batik ?.
    trus biayanya berapa ?.makasih

  29. untuk Erik : Motif batik tulis komposisi,motifnya dapat menggunakan pasungan, boj, pinggiran dan taburan serta motif pokokDesign ini dapat dirancang sendiri atau sesuai pakemnya.

  30. Untuk : Aninda, kami dapat membantu kebutuhan canting cap besar atau kecil, atau juga rancangan motif sendiri, yaitu membuat cap batik baru.Dimana kami dapat menghubungi alamat anda?

    • Bisa dengan Canting Cap Minimalis ukuran 10x10cm.Kreatipitas dikembangkan dengan merangkai desain-disain minimalis jadi maksimalis (penuh untuk satu kain). Umumnya “pakem batik asli (tradisional) ” terdiri elemen-elemen “canting cap” meliputi : pinggiran, buh atau ban-dasar (bingkai) , body utama, sorot (untuk sarung) biasanya “pasung”, rangkaian bouket (bunga tangkai bunga), dan elemen “tabur”, kesempurnaan batik juga dapat digradasi dengan “canting cap” tanahan pengganti kerumitan pada batik tulis.

  31. untuk pak Faurozy,hubungi saya di 081511117309,saya di jakarta pak. Yang saya butuhkan sekali adalah ukuran2 dari cap cap tersebut supaya kami bisa menghitung brapa jumalah cap yang kami butuhkan. Saya tunggu kabar dari Bapak dan klo blh,saya minta no tlf yang bisa saya hubungi. Matur nuwun pak

  32. Untuk : Aninda. Ukuran canting Cap-Awakan(Body) antara : 18cm x 22cm, 22cmx24 xm, Untuk Pinggirannya (Boh) antara 10×12 cm, 12×14 cm, Taburan (cap terkecil ) 5×5 cm Jenis Bunga Tanjung, serta Strip Pinggiran Bawah 2cmm yang berupa garis-cacahan. Variasi lain adalah Model Pasungan (segitiga Diagonal) ukuran Tinggi 17 cm dan lebar 14 xm. Pada prinsipnya ukuran relatif tergantung motif yang dikehendaki. Wassalam : Drs.H.Ch.Faurozi.,M.Si. Hp. 0852222066116

  33. Untuk : Erik, yang ingin membuat Batik Tulis, dengan sangat mudah kami menyediakan ratusan motif batik tulis, berfilosofis, tradisional, kontemporer, dan rekayasa fractal, berbasic pakem-pakem batik asli. Motif-motif tersebut bisa “dijaplak” (reproduksi manual),langsung ke kain atau morinya baik bahan sutera, katun dll.Kami bisa membantu dengan motif batik yang sudah dijaplak (design motif) di kain untuk bahan kemeja, kain panjang, sarung selendang, hiasan dinding, sajadah, dll.Untuk Kemeja Rp.100rb (kain katun), Kain Panjang Rp.200 rb, Sarung Selendang Rp.250.000,-, Hiasan Dinding Motif : Macan, Gajah Siam Rp.250.000,- Setiap motif eklusif (tersendiri) dan mempunyai Hak Cipta yang Dilindungi UU. Proses selanjutnya : kami dapat menerima “Perengsian” yaitu dibatik standar pakem halus dengan pembatik profesional dan berpengalaman dalam menyungging batikan tersebut.Tahapan pewarnaan kami serahkan kepada selera peminat. Batik Tulis Motif ciptaan kemi menjadi “Standar Koleksi ” batik langka. Salam : Drs.H.Ch.Faurozi.M.Si.HP.0852222066116.

  34. Saya Pengrajin canting cap dari Pekalongan.Jika ada yang membutuhkan jasa saya bisa hub:085876685006/085868938298.motifnya bisa dari anda atau saya.untk segal ukuran&semua motif.mutu di jamin halus

  35. Memahami Tehnik Pewarnaan pada BATIK CAP, golongan Zat Warna yang dikenal yaitu : Indogo, Indogosol, Napthol dan Rapid, Cat-cat Soga (warna Soga), Cat-cat Basis, Cat Indathreen (IK), Cat Belerang, dan Procon Dingin (Cat Reaktip). Dahulu banyak digunakan zat warna dari tumbuhan, sejak ditemukannya zat tersebut, telah menghasilkan warna Biru Tua, Coklat Merah, Hijau, Kuning, Violet dan Ungu.Jogya dan Solo mempergunakan biru tua dan soga, dan juga hitam. Yang lain Pekalongan, Cirebon, Madura, Bali, Tasikmalaya, Lasem sangat variatif.

  36. Pingback: Berbagai Jenis Kerajinan Batik | caturstrez

  37. Wah seru juga ya…
    Mohon dibagi ilmunya, ini sedikit menyimpang dari materi…
    Saya sedang berusaha memutihkan kembali kain katun yang sudah diberi warna.
    Pertanyaannya sederhana, bisakan kain katun yang sudah dikasih warna diputihkan kembali?
    Seandainya bisa dengan menggunakan apa?

    Terima kasih sebelumnya..
    Mtharom

  38. Selamat sore

    Saya masih awam sekali soal batik dan ingin belajar membatik.dimana saya bisa belajar proses pembuatan batik cap di daerah jakarta atau bekasi? saya juga berminat memesan cap batik dengan design sendiri, mungkin ada pengerajin yang bisa membantu?saya bisa dihubungi di email rinomichael@yahoo.co.id .trims

  39. Untuk MIchaelrino : pemesanan Cap Batik dengan design sendiri dapat kami bantu dengan mengirimkan design atau gambar via Pos ke alamat kami : H.Ch.Faurozi, Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo Bandung 40534. Akan kami proses segera. Wasalam : H.Ch.Faurozi.

    • Dear Pak Faurozy, saya bergerak dibidang kontraktor di jakarta pak. Saya akan memakai ornamen motif batik (motif bebas) dari bahan Tembaga motif batik (Cap Batik bahan tembaga). Hanya saya membutuhkan sekali adalah ukuran2 dari cap tersebut supaya kami bisa menghitung berapa jumlah cap yang kami butuhkan dan harga yang bapak tawarkan. Saya tunggu kabar dari Bapak karena nomor yang bapak berikan saat ini tidak bisa dihubungi, jika berkenan saya boleh minta no HP yang bisa saya hubungi saat ini. Atau bapak bisa mengajukan penawaran harga via email kami erstine@unimitra.com. Terima kasih pak

  40. Untuk Handayani : apabila Batik Khas Propinsi sendiri, tinggal membuat “CANTING CAP BERMOTIF PROPINSI KHAS” tadi, diperkirakan biaya Rp.400 rb sd Rp.500.rb. tergantung kerumitan motif-nya (bahan tembaga ). Pemrosesan dapat dilakukan sendiri, apabila ingin melihat HOME-Industri, kontak kami di : HP.085222066116 (H.Ch.Faurozi) untuk saya tunjukkan bengkel (paberik) pembuatan batik Cap secara Life dan tentu lebih jelas.
    Alamat kami di Bandung : Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo Bandung, di Pekalongan : Jl.Manunggal Gg.I.A.No.4 Kraton Lor .Telp.Rumah : 022-6032816.

  41. Batik Cap & Batik Printing bagus yg mana ya kl dari soal keawetan warnanya & kwalitasnya kl bahan kainya Primis??
    trus harga jualnya tinggi yg batik printing ato batik cap?

  42. Untuk Pak Marbun : Batik Cap dan Batik Printing bagus “Batik Cap” walaupun bahan kain Primissima. Pada batik cap: daya resap zat warna sangat tinggi, dikerjakan manual bisa bolak-balik, design cap dengan resistensi malam menghasilkan “warna putih yang sempurna”. Dapat dikerjakan muka-belakang, batik printing tidak bisa muka belakang (dikenal Batik Motif Tekstil). Batik cap memenui unsur batik asli pengakuan Unesco, karena tetap menggunakan “Lilin Malam” sebagai perintang warna. Karya Batik Cap tahan bertahun-tahun dengan kualita prima dengan tingkat kerumitan yang tinggi, seperti Cap Tanahan, Cap Abstrak dan Gradasi, Cap Kombinasi Tulis. Semoga bermanfaat.

      • Canting Cap dari Kayu dapat dipesan dengan mengirim motipnya via Pos setelah diprinter, biayanya cukup murah berkisar Rp.100ribu-an. dari : Batik Puspita Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo 40534 Bandung.

  43. Untuk Erstine : Ukuran-ukuran Canting Cap Tembaga :
    (1) Body : 17×20 cm sebanyak 10 motif harga a Rp. 350.000,-
    (2) Body 20×20 cm sebanyak 10 motif harga a Rp. 450.000,-
    (3) Pinggiran 5 x 20 cm sebanyak 20 motif harga a Rp. 100.000,-
    (4) Pasungan 10 x 15 cm sebanyak 10 motif harga a Rp. 200.000,-
    Kondisi barang baik ada 100 % baru dan second yang sudah diperbaiki (bisa untuk pengecapan batik).
    Hubungi : kami di HP.088218096655 atau Hp.085222066116.
    Telepon Rumah : 022-6032816. Alamat : Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo 40534 Cibeureum Raya Bandung. Stok Barang Terbatas,
    Design-desing motif batik tradisonal (asli) Sido Mukti, Kontemporer : Fractal, Pasungan : Tradisional; Pinggiran : Fleksibel untuk kemeja dan kain sarung. (Terima kasih dan Mohon Maaf Keterlambatan).
    H.Ch.Faurozi.

  44. mohon penjelasan harga bahan batik, mulai dari kain, malam, pewarna sampai dengan bahan fixsasinya

  45. Bagi yang berminat membuat :CANTING CAP LOGO PERUSAHAAN atau MOTIF KREATIP SENDIRI, Kontak kami di SMS HP.085222066116 (H.Ch.Faurozi), Tersedia Koleksi Canting Cap Siap pakai, ukuran 18x18cm,18x17cm,18x20cm dll. Harga berkisar Rp.300rb sd Rp.400rb. juga Canting SECOND untuk DEKORATIP ukuran kecil atau standar.Lihat Barang : di Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo Cibeureum Raya 40534 Bandung Jabar Indonesia.

  46. Pingback: TEKNIK PEMBUATAN BATIK « batik soko pekalongan

  47. slamat sore,kami mencari produsen batik cap atau printing untuk memenuhi orderan kami dalam jumlah banyak,mohon bantuannya y,silahkan hub luxman 085728129100

    • Pak Budi TOKO BATIK JERMAN dikenal “jejer kauman” belanjanya bisa pakai “Kartu Kridit” hanya di Toko ini. Wassalam : H.Faurozi Bandung

  48. Selamat dini hari, saya ingin membuat sprei batik 2 warna dengan teknik cap,motif garutan, adakah yg bisa membantu atau bisa bekerjasama dengan order sedikit dulu. saya tau kalau membuat cap baru dengan order sedikit itu tidak mungkin, maka saya menawarkan ide dengan memakai cap yg sudah ada yg sudah dimiliki oleh produsen. Adakah?
    terimakasih.

    • Untuk Sprei Batik biasanya memerlukan lebih dari 2 warna atau bisa dengan “sistem coletan” yang beraneka warna pada motipnya sangat indah. Membuat Cap Baru menambah investasi peralatan (tidak masalah) bisa untuk eklusipitas pembeli.Untuk Cap yang sudah ada yang dimiliki produsen biasanya keberatan, sebab “Canting Cap” ibarat “pusaka” (keris) alat dan sarana sandang-pangannya dalam berinovasi agar tidak dijiplak ditiru dapat menganggu kestabilan produksi. Lebih baik berinvestasi “canting cap baru bikinan sendiri” , sebab alat ini bisa dijual kembali (tidak hangus) dan menjadi koleksi yang makin mahal harganya, sebab pembuat (pengrajin canting cap) makin langka dan bahan baku tembaga yang terus naik. Dari : Batik Puspita Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo 40534 Bandung.

    • Produsen Batik di Bandung ada di Lembur Batik di Cimahi Jl.Pesantren (Pemkot-Cimahi),
      daerah Kopo kami kurang tahu, sedang Produsen Batik Puspita ada di Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo 40534 Bandung. Grosir untuk “batik halus” kain panjang, sarung, kemeja, sprei batik, daster batik kualitas unggul, dll

  49. gimana nih komposisi campuran warna napthol dan garam??untuk bisa menghasilkan warna yang baik
    Mohon di share…

    • Komposisi warna napthol dan garam agar menghasilkan warna baik adalah perbandingan : 1 : 3 ( 1 untuk Naptholnya dan 3 untuk garamnya per/gram), agar menghasilkan warna cemerlang proses penaptholan harus merata utamanya, bukan pada garamnya.Lebih sempurna dilakukan berulang minimal 3 kali pencelupan.

  50. Mohon penjelasannya, bagaimana cara membedakan jenis kain katun (mori) yang biasa digunakan untuk membatik. Karena terkadang walau sama-sama diklaim katun primis, rasanya saat dipegang berbeda.
    Terima kasih sebelumnya

    • Kain katun (mori) mudah dibedakan “katun primis” dulu dikenal dengan “Cap Sen” adalah pada kehalusan serat kain saat belum diproses (penjual kain mori punya standar). Dengan keahlian teknologi (pengepresan /calender), pengemplongan, penganjian, penyetrikaan kain katu “prima” disulap seperti “kain katun primis”. dari : Batik Puspita Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo 40534 Bandung.

  51. Selamat malam bapak/ibu…
    Saya tinggal di solo,Saya butuh SEGERA alat cap batik yang terbuat dari tembaga/kuningan..
    Diutamakan yang bekas/kuno.
    Dimana alamat yg bisa saya hubungi untuk mendapatkan alat tsb ??
    Butuh ± 300 biji.. Ukuran 25×25 cm
    Kepada yang punya info mohon kirim informasinya ke alamat email dibawah;
    lindasupriyadi@yahoo.com
    Trimakasih banyak..!
    Salam

    • Sistem pewarnaan bervariasi memang memerlukan keahlian khusus (ngelir) sebab reaksi zat warna sangat improvisasi, daya seni batik ini tidak membatasi kreatipitas dan dikenal oleh para seniman batik “kreatipitas tanpa batas” walau sering rugi tidak memenuhi selera pasar, itulah keunikan batik cap.(C,Faurozi)

  52. Untuk ; Linda di Solo
    Batik Puspita Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo 40534 Bandung, mempunyai Koleksi Canting Cap Siap Pakai (Second) kondisi khusus batik tradisional (pakem batik asli).
    Ukuran Standar : 17×17 cm,18x18cm,19x19cm,20x20cm. Harga berkisar Rp.400rb sd Rp.700rb (tanahan).Hub.Telp.022-6032816 HP.085222066116.

  53. Canting Cap berbahan tembaga, didesain untuk berbagai Motip Batik tertentu.Berguna untuk memproses batik dengan cepat dan akurat (menghemat biaya produksi).Dapat mendesain motip sendiri untuk “hak cipta” batik. BATIK PUSPITA Jl.Candi Pawon III No.8 Pharmindo 40534 Bandung Telp.022-6032816 HP.085222066116. Melayani : Pesanan Desain sendiri (Logo) dan Koleksi Canting Cap Second Standar Siap Pakai.

  54. Untuk Vera : produsen kain batik di Pekalongan : Khusus Batik Tulis BATIK PUSPITA Jl. Pesona Panjang 2, Kota Pekalongan Utara Blok H.No,8 Kd.Panjang Pekalongan. Terkoleksi Batik-batik Tulis Kreasi Baru dan Lama Eklusip.

  55. EKONOMI KREATIP DALAM BATIK CANTING CAP PEKALONGAN
    MENJAGA CITRA BATIK ASLI ATAS PENGAKUAN UNESCO
    Budaya membatik telah menjadi urat nadi ekonomi masyarakat Pekalongan sejak dahulu.Kreasi-kresi batiknya mendunia berfilosofi “membatik dunia” adalah nafas kehidupan yang tak terelakkan. Dewasa ini visi ekonomi kreatip anjuran pemerintah telah dimaknai mendalam pada kreasi Batik Canting Cap ini. Kombinasi Batik Tulis dan Batik Cap, ditemukannya “Tehnik Sablon Malam”. Eksplorasi pada media batik sepatu, hiasan dinding, mobil, motor, gapura, gang kampung,bahan kantong semen, kacamata, tas, kereta api, bus dll adalah wujud kreatipitas ini. Kendala adalah “tidak diproteksinya” industri dalam negeri ini oleh gempuran dan gerusan batik Sablon /printing bukan “resint-wax”, yang dikhawatirkan mengurang kepercayaan masyarakat dunia terhadap batik Indonesia (banyak dipalsukan) dan lebih rawan lagi bila mempengaruhi kepercayaan UNESCO yang mungkin saja dapat “mencabut anugerah batik Indonesia sebagai warisan dunia non-benda”. Semoga pengambil kebijaksanaan terkait khususnya kaum Legislatip kaum Eksekutip memahami serius masalah ini yang bisa terjadi. “hati-hati dengan kebanggan ini”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s